Latma Kekar Malindo 40-AB/2016 Resmi Dibuka

KUBU RAYA ! POSTKOTAPONTIANAK.COM ~  Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kolonel Inf Tri Rana Subekti, S.Sos membenarkan bahwa Kepala Staf Kodam XII/Tpr Brigjen TNI Ahmad Supriyadi memimpin upacara pembukaan Latihan Bersama Keris Kartika Malaysia – Indonesia (Latma Kekar Malindo) 40 – AB/2016 di Kuching, Malaysia, Rabu (21/09). Kasdam XII/Tpr bertindak sebagai Inspektur Upacara dan didampingi Panglima 3 Briged Bgd Jen Bustaman bin Haji Mat Zin dan Komandan Brigif 19/Kh Letkol Inf Ibnu Jarwadi.

“Upacara tersebut diikuti oleh 130 personil TNI AD serta 400 personil Tentera Darat Diraja Malaysia (TDM) di Lapangan Markas RAMD 11 Kuching. Latihan bersama TNI dan TDM hingga 30 September 2016”, terangnya.

Penyelenggaraan Latihan Bersama Keris Kartika Malaysia Indonesia ini bertujuan, untuk melatih prajurit Kompi Senapan Yonif dalam pelaksanaan operasi bersama antara TNI AD dengan AD Malaysia, papar Kapendam.

Lanjut Kapendam, bahwa sasaran yang ingin dicapai dari latihan bersama ini adalah, mempererat persahabatan kedua Angkatan Bersenjata dan meningkatkan kebersamaan serta kerja sama antara TNI AD dengan AD Malaysia, melatih validitas Prosedur Tetap Operasi Malaysia Indonesia (Protap Malindo), meningkatkan kemampuan kedua belah pihak dalam melaksanakan operasi militer, dan terlatihnya fungsi unsur Komando Kompi Senapan Yonif dalam pelaksanaan operasi bersama.

“Apabila dilihat dalam perjalanan sejarah kedua bangsa ini senantiasa menjalin dan memelihara hubungan bilateral dalam segala aspek kehidupan. Salah satunya  termasuk dalam bidang pertahanan diantaranya yaitu, kerja sama Angkatan Bersenjata kedua Negara khususnya TNI AD dan AD Malaysia”, tuturnya.

Kata Kapendam, bahwa Panglima 3 Briged mengucapkan selamat berlatih kepada pelaku dan pendukung Latma dari TNI AD yang sudah tiba di Markas RAMD 11, Kuching. Kali ini panitia penyelenggara tahun 2016 dari Tentera Diraja Malaysia ditempatkan di RAMD 11 sedangkan pendukung di tempatkan di Markas 3 Briged TDM. /Dd/Lk

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *