Lantamal XII Pontianak Melaksanakan Upacara Hari Nusantara 2016

Wadan Lantamal XII Pontianak Kolonel Laut (P) Syufenri M.Si memimpin Upacara Hari Nusantara tahun 2016 di lapangan apel Mako Lantamal XII Pontianak Jalan Kom Yos Sudarso No. 1 Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Selasa (13/12).//foto dok Dispen Lantamal XII Pontianak//

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! PONTIANAK – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) M. Hari diwakili Wadan Lantamal XII Pontianak Kolonel Laut (P) Syufenri M.Si memimpin Upacara Hari Nusantara tahun 2016 di lapangan apel Markas Komando (Mako) Pangkalan UtamaTNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Jalan Kom Yos Sudarso No. 1 Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Selasa (13/12).

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Lantamal XII PontianakKolonel Laut (P) Syufenri M.Si bahwa peringatan Hari Nusantara yang dilaksanakan pada setiap tanggal 13 Desember untuk memperingati Deklarasi Djuanda yang dicetuskan pada tanggal 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Djuanda Kartawijaya, Deklarasi Djoeanda merupakan tonggak bagi penyatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang utuh dan diantara pulau yang satu dengan yang lain tidak terdapat laut Internasional, maka laut bukanlah pemisah tetapi pemersatu bangsa.

            Peringatan Hari Nusantara Tahun 2016 ini bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari dengan maksud mengubah mindset  bangsa Indonesia mengenai ruang hidup dan ruang juang yang berimbang antara matra darat dan matra laut, hal tersebut sejalan dengan visi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengenai poros maritim dunia, yang diharapkan akan terwujud dalam bentuk Indonesia sebagai kekuatan maritim yang bersatu (unity), sejahtera (prosperity), dan berwibawa (dignity) serta memberantas illegal fishing melalui penegakan hukum dilaut.

Selanjutnya, puncak acara peringatan Hari Nusantara Tahun 2016 dilaksanakan di Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur dan bertemakan Tata Kelola Potensi Maritim Nusantara yang Baik Menuju Poros Maritim Dunia ”, peringatan Hari Nusantara ini menjadi model pembangunan terintegrasi bagi kepulauan terluar atau terpencil, yang merupakan wujud sinergitas program kementerian/lembaga dalam pembangunan kelautan.

Turut hadir pada Upacara Hari Nusantara tersebut, para Asisten Danlantamal XII Pontianak, para Kadis/Kasatker jajaran Lantamal XII Pontianak serta Perwira, Bintara, Tamtama dan ANS Lantamal XII Pontianak./DLP/(abePKP) 

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *