Lantamal XII Laksanakan Upacara Hari Armada RI Ke 71 Tahun 2016

Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XII Kolonel Laut (P) Syufenri, M. Si selaku Inspektur Upacara memimpin upacara dalam rangka upacara Hari Armada RI ke 71 tahun 2016 di Lapangan Apel Markas Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XII Jalan Kom Yos Sudarso No. 1 Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Senin (05/12).// Foto : dok Dispen Lantamal//

PONTIANAK – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) M. Hari di wakili Wakil Komandan (Wadan) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XII Kolonel Laut (P) Syufenri M.Si selaku Inspektur Upacara(Irup) dalam rangka upacara Hari Armada RI ke 71 tahun 2016 bertemakan” Pengawal Samudera Perekat Nusantara, Jayalah Armadaku” di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Jalan Kom Yos Sudarso No. 1 Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Senin (05/12).

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., dalam amanatnya yang di bacakan Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Syufenri M.si menyampaikan bahwa peringatan Hari Armada RI pada tanggal 5 Desember, selama ini dilaksanakan secara terpusat di Koarmatim. Tahun ini ada yang berbeda karena untuk pertama kalinya upacara Hari Armada dilaksanakan di Dermaga Kesatrian Pondok Dayung. Hal ini bertujuan memberikan pemahaman tentang eksistensi Armada TNI Angkatan Laut di Jakarta.

Upacara ini bukan hanya sebuah kegiatan seremonial, tetapi momen yang mengingatkan kita tentang sejarah berdirinya Armada RI dan pengabdian yang telah ditunaikan. Berdasarkan sejarah, Armada RI adalah alat bagi sebuah negara dalam menyebarkan pengaruh dan melindungi kepentingan Nasionalnya. Sampai saat ini, Armada RI tetap menjadi sarana utama pencapaian tugas dan peran universal TNI Angkatan Laut. Saya ingin menyatukan pemahaman kita tentang Armada RI dalam konteks operasional. sejatinya Armada RI adalah integrasi empat elemen utama yakni kapal perang, pesawat udara, marinir dan pangkalan sehingga komposisi satuannya harus mencerminkan keempat elemen tersebut.

Armada RI dituntut untuk mampu mengatasi berbagai bentuk tantangan tugas yang semakin kompleks dan dinamis. Sejalan dengan visi poros Maritim dunia, Armada RI harus mampu hadir untuk melindungi lingkungan dan sumber daya laut, menjaga keamanan, menjamin keselamatan dan mempertahankan kedaulatan negara di laut. Melihat konstelasi geografis Indonesia, TNI Angkatan Laut telah menetapkan dua Komando Armada RI Kawasan sebagai komando utama operasi. Selaku kotamaops, Komando Armada RI bertugas menyelenggarakan operasi intelijen maritim dan operasi laut dalam rangka perang dan selain perang di wilayahnya sesuai dengan kebijakan Panglima TNI. Saat ini, upaya peningkatan efektivitas operasi Komando Armada RI memperoleh hasil yang signifikan dengan semakin singkatnya waktu penindakan dan turunnya angka kasus, terutama di selat Malaka dan selat Singapura.

Selain di dalam negeri, alutsista dan personel Armada RI juga melaksanakan berbagai tugas di luar negeri seperti misi perdamaian, latihan bersama dan pertukaran personel. Semua capaian ini adalah hasil kerja keras dan kerja sama semua jajaran di bawah kepemimpinan Panglima Armada RI.

Komando Armada RI kawasan juga bertugas melaksanakan pembinaan kemampuan dan kekuatan sistem senjata Armada RI terpadu (SSAT), kemampuan peperangan laut, kesiapan operasional dan pembinaan potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan. Kunci pembinaan. Sesungguhnya berada pada sumber daya manusia sebagai pengawak organisasi.

Untuk itu, pembinaan personel harus dilaksanakan secara berlanjut dan meningkat kualitasnya. Upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan kesempatan kepada personel untuk mengikuti berbagai pendidikan, kursus dan latihan yang relevan dengan bidang profesi dan tugasnya baik di dalam dan luar negeri, termasuk menambah ilmu non profesi.

Tingkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan pelaksanaan tugas dan membina kehidupan keluarga, tingkatkan profesionalisme dan naluri tempur melalui latihan dan operasi demi tercapainya kesiapan operasional satuan, ciptakan inovasi dalam satuan kerja guna terciptanya lingkungan kerja yang dinamis dan berprestasi, jaga soliditas TNI, Polri dan masyarakat terutama pada situasi rawan seperti pilkada yang rentan provokasi dan konflik horizontal. Atas nama TNI Angkatan Laut, Kasal mengucapkan “Dirgahayu Armada RI Republik Indonesia”. Semoga semangat Hari Armada memotivasi kita semua untuk selalu berupaya meningkatkan kinerja individu dan satuan atas berbagai prestasi yang telah dicapai.

Turut hadir dalam upacara Hari Armada RI ke 71 tahun 2016 di Mako Lantamal XII para Asisten Danlantamal XII, para Kadis/Kasatker Lantamal XII, Perwira, Bintara, Tamtama, ASN Lantamal XII, PPAL Rayon Pontianak, Personel KRI Teluk Sabang – 544, Yonmarhanlan XII Mempawah, Polairud, unsur Kemaritiman Pontianak, Pramuka Saka Bahari./*
Dispen Lantamal XII Pontianak.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *