Landak Masih Kekurangan Guru

NGABANG ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak, Aspansius, pekan lalu, mengatakan, Kabupaten Landak masih mengalami kekurangan guru sebanyak 43,74 persen pada tahun 2015 lalu di semua jenjang pendidikan atau sebanyak 2.904 guru yang dibutuhkan oleh sekolah.

Foto : Ist
Foto : Ist

Belum lagi di tahun 2016 ini banyak tenaga guru, khususnya guru SD banyak yang akan memasuki masa pensiun,” katanya.

Diakui Aspansius, kehadiran guru muda peserta SM-3T membawa dampak positif terhadap kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Landak. “Buktinya, pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA, SMK sederajat, Landak berada pada peringkat kedua se Kalbar dalam Indek Integritas Ujian Nasional (IIUN) sebesar 75,90. Demikian juga dengan hasil IIUN tingkat SMP sederajat, Landak menduduki posisi pertama se Kalbar.  Ini juga merupakan hasil dari para guru muda peserta SM-3T,” kata Aspansius.

Kini genap satu tahun mengabdi sebagai tenaga pendidik di Kabupaten Landak, sebanyak 32 guru muda peserta Sarjana Mendidik di Daerah  Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) dari Universitas Syiahkuala (Unsyiah) Banda Aceh angkatan ke V, Kamis (11/9) resmi dipulangkan ke daerah asalnya Banda Aceh.

Para guru muda ini dilepas secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Landak, Aspansius.

Menurut Aspansius, pengabdian guru muda tersebut memang diberikan dalam jangka satu tahun. “Satu tahun ini rasanya kita ketagihan. Artinya, begitu singkat waktu satu tahun ini. Ini betul-betul terasa bagi kami. Kita memang ada hubungan bathin dengan peserta SM-3T ini. Kita sudah menyatu dan sudah terjalin rasa persaudaraan yang sangat tinggi,” aku Aspansius.

Dikatakannya, karena SM-3T tersebut merupakan suatu program, Pemkab Landak sangat terpaksa melepas peserta SM-3T tersebut. “Tahun ini program SM3T sudah tidak ada lagi di Kabupaten Landak. Inilah beratnya kami untuk melepas peserta SM-3T ini. Apalagi keadaan guru di Landak sudah emergency./ dan

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *