Lajito Jabat Direktur Utama, Direktur Umum dan Direktur Teknik PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak Jatah Siapa ???

PONTIANAK   ! POSTKOTAPONTIANAK.COM — Kekosongan kursi Direktur Utama PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak, akhirnya terjawab dengan dilantiknya Lajito. ST oleh Walikota Pontianak, H. Sutarmiji, SH. M.Hum, bertempat diruang SSA Kantor Walikota Pontianak. Yang juga dihadiri oleh Wakil Walikota Pontianak, Ketua DPRD Kota Pontianak, Kapolresta Pontianak, Ombusman, Kodim 1207/BS, jajaran SKPD Kota Pontianak serta jajaran pejabat dilingkungan PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak.

Dalam sambutannya Sutarmiji berharap pejabat yang baru dilantik nantinya mampu membawa perubahan serta membangun sinergis antar jajaran PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak, sehingga menghasilkan kinerja yang baik untuk meningkatkan PAD Kota Pontianak.

Walikota Pontianak, H. Sutarmiji, SH. M.Hum./ hen
Walikota Pontianak, H. Sutarmiji, SH. M.Hum./ hen

“Yang kita lantik hari ini sebagai Direktur Utama merupakan orang yang berasal dari lingkungan PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak, dan dibawah kepemimpinan direktur yang baru saya yakin PDAM ke depan akan lebih baik lagi dalam percepatan layanan serta transparansi dalam menjalankan tugas, ” kata Sutarmiji, Senin (3/10/16).

Untuk memberikan pelayanan bagi pelanggan, lanjut Sutarmiji mengatakan, Pemerintah Kota Pontianak terus memberikan dukungan penuh  dalam bentuk proyek  baik dari dana PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak maupun dana APBD Kota Pontianak.

“Target yang harus dicapai dalam waktu dekat dengan membangun jaringan pipa tersier, sehingga tahun depan seluruh saluran sudah dapat tersambung hingga sampai ke rumah warga, ” katanya.

Ditempat terpisah, Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Pontianak, Agus Sutrisno, SH menilai pelantikan Direktur Utama PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak menjadi langkah baik yang dipilih Walikota Pontianak untuk mempercepat mengisi kekosongan kursi direksi, mengingat peran Direktur Utama sangat penting untuk melanjutkan program kerja maupun untuk mengambil kebijakan.

“Penempatan serta pemilihan orang yang menempati kursi Direktur Utama di PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak, sudah sangat tepat dilakukan oleh Walikota Pontianak. Namun kekosongan kursi Direktur Teknik dan tidak lama lagi akan menyusul kekosongan kursi Direktur Umum, setidaknya harus dilakukan selaras dengan pengangkatan Direktur Utama yang tanpa melalui tes serta tanpa melalui pencalonan, namun diambil dari internal PDAM itu sendiri, ” tegas agus.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Pontianak, Agus Sutrisno, SH,/ hn
Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Pontianak, Agus Sutrisno, SH,/ hn

Menurut Agus, memberdayakan tenaga yang dimiliki dilingkungan PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak lebih memberikan kesempatan kepada mereka untuk dapat menerapkan ilmu yang dimiliki, bukan justru sebaliknya mematikan karir serta mematikan disiplin ilmu yang dimiliki internal PDAM.

“Saya rasa untuk mengisi kekosongan kursi Direktur Umum dan Direktur Teknik, Walikota tidak harus membuka peluang untuk orang luar. Untuk apa kita memiliki tenaga dari internal tetapi mereka tidak kita berdayaka. Dan apakah orang dari luar PDAM nantinya akan mampu mengemban tugas yang diamanatkan kepadanya. Dan satu lagi, jika sudah ada orang yang layak menduduki kursi tersebut kenapa mesti menunggu waktu untuk pelantikan, saya rasa lebih cepat maka akan lebih baik, ” tukas Agus.*/(hen).

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *