Lahan Terbakar Warga Lapor Babinsa

SUKAMARA ! POSTKOTAPONTIANAK.COM –  Upaya yang gigih dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI Angkatan Darat (AD) Koramil 1014-09/Sukamara dalam membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Padang Kecamatan Sukamara, Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Babinsa Koramil Sukamara Serka Suyanto mendapat info dari seorang warga bahwa di Rt 06 Rw 02  Desa Padang terdapat  titik api di Lahan pertanian/sawah, segera ia mendatangi tempat yang dimaksud, dan benar lahan tersebut terjadi kebakaran, dikatakan Kapten Inf Wayan Danramil 09/Sukamara Kodim 1014/Pangkalan Bun, Rabu (3/08/2016).

“Selanjutnya Ia berkoordinasi dengan Babinkamtibmas dan Kepala Desa Padang serta melaporkan informasi tersebut kepada saya selaku Danramil”, ungkap Wayan.

Mendapat laporan terjadi Karhutla di wilayahnya Danramil menindaklanjuti berkoordinasi dengan Kapolsek dan Kepala Dinas kebakaran Sukamara. Tim Gabungan terdiri dari 4 orang anggota Koramil, dari Polsek 6 orang, dan  satu regu serta 3 unit mobil Damkar ditambah satu unit mesin apung, bersama aparat Desa dan warga Desa Padang langsung bahu membahu memadamkan api yang membakar lahan, terangnya.

Luas lahan pertanian/persawahan yang terbakar kurang lebih 6 hektar yang dikelilingi oleh parit berhasil di padamkan oleh Tim gabungan secara keseluruhan, yang diduga lahan tersebut sengaja dibakar karena sudah mendekati musim tanam, dan sekarang pemilik lahan sedang dalam pencarian oleh Polsek Sukamara untuk dimintai keterangan dan kasus Karhutla tersebut sudah ditangani oleh Polsek Sukamara, pungkas Kapten Inf Wayan Danramil 1014-09/Sukamara./ dd/lk

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *