Kubu Raya Fokuskan Program Seribu Keramba

POSTKOTAPONTIANAK.COM

(Kubu Raya) – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya kembali memfokuskan peningkatan kesejahteraan para nelayan di daerah pesisir dengan program sejuta keramba yang selama ini dijalankan melalui Dinas Perikanan Kabupaten Kubu Raya.

“Pemerintah Kabupaten Kubu Raya saat ini melakukan berbagai terobosan progran kreatif dan inovative dalam menciptakan berbagai program unggulan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Salah satunya kita akan terus menyukseskan program Sejuta Keramba,” kata Bupati Kubu Raya Rusman Ali.

Dijelaskan Rusman Ali program tersebut mulai digalakan oleh Pemerintah Kubu Raya sejak tahun 2014 lalu. Dan akan terus dilakukan evaluasi dan pematangan program. Sehingga program tersebut benar- benar membawa dampak bagi kesejahteraan masyarakat luas, khususnya masyarakat disekitar pesisir Sungai di Kubu Raya.

“Program berjalan terus menerus, beberapa waktu lalu juga kita telah melakukan panen ikan hasil budidaya masyarakat di Sungai Jawi Batu Ampar dengan keramba apung, dari program sejuta keramba yang kita lakukan. Dan saya sangat optimis program sejuta keramba ini dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan,” tuturnya.

Tentu untuk mendukung program itu dibutuhkan dukungan dari seluruh stakeholder yang ada. Sejalan dengan hal tersebut, Rusman Ali menyatakan akan memaksimalkan produksi perikanan yang ada.

Hal itu sesuai dengan program yang dicanangkan Pemprov Kalbar, di mana Kubu Raya dipercayakan sebagai sentral perikanan Kalbar. Untuk itu, Pemkab Kubu Raya sudah mempersiapkan berbagai hal sesuai dengan swadaya yang ada dalam APBD.

“Apa yang kita lakukan di Kubu Raya ini sebenarnya sudah sejalan dengan Departemen Kelautan dan Perikanan, di mana Indonesia akan memproduksi ikan terbesar se-Asia,” katanya.

Rusman Ali menjelaskan, untuk men-support rencana tersebut, pihaknya menyatakan siap untuk mendukungnya, di mana pihaknya akan meningkatkan produksi perikanan sesuai dengan potensi perikanan dan kelautan yang ada di Kabupaten itu.

Saat ini, Pemerintah Kubu Raya tetap membuat program dengan cara reguler setiap tahunnya. Dimana, hal tersebut sebagai contoh untuk di ikuti oleh masyarakat lainnya.

“Sampai saat ini ada beberapa titik keramba percontohan khususnya di Kecamatan Sungai Raya yang berada di sepanjang aliran Sungai Kapuas. Untuk sementara waktu, kita menempatkan percontohan keramba di sepanjang aliran Sungai Kapuas diantaranya di Desa Kapur, Desa Arang Limbung dan desa lainnya yang berada di Kecamatan Sungai Raya,” katanya.

Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus menuturkan bahwa program sejuta keramba tersebut telah membawa banyak dampak positif bagi peningkatan masyarakat pesisir Kubu Raya karena penghasilannya meningkat. Dikatakan Hermanus, program tersebut juga didukung oleh berbagai program dari pusat serta beberapa NGO yang membantu memberi pendampingan kepada masyarakat kita.

(Viky)

Foto Saat Rusman Ali Bersama Hermanus Meninjau Program seribu keramba / Humas KKR / POSTKOTAPONTIANAK.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *