KPUD Harus Bekerja Secara Professional

Harus Fokus Terhadap Seluruh Tahapan

DEPOK, POSTKOTA PONTIANAK.COM

Sekretaris Fraksi Demokrat DPRD Kota Depok, Siti Nurjanah, mengungkapkan, Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Depok yang akan berlangsung Desember 2015, mendatang. Maka berharap kepada pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Depok menjalankan fungsinya secara professional.

“Kita berharap agar KPUD bekerja secara profesional. Bahkan harus berkaca pada kasus pemecatan Ketua KPUD sebelumnya. Artinya, tidak berpihak pada kontestan atapun partai lain yang menjadi kontestan Pemilukada,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (2/3/2015), di ruang kerjanya.

Siti Nurjanah..(ist)
Siti Nurjanah..(ist)

Dia mengingatkan, bahwa pengalaman buruk lima tahun lalu jangan sampai terulang kembali pada komisioner KPUD priode saat ini. Ia mengingatkan, pelanggaran etika yang dilakukan Ketua KPUD priode lalu telah menciderai proses demokratisasi di Kota Depok.

“Jangan lagi hati masyarakat Depok dilukai perbuatan tercela. Karena mereka bakal apatis terhadap demorasi yang tengah terbangun,” imbuh Siti.

Siti juga menambahkan, sebaiknya KPUD fokus mempersiapkan tahapan-tahapan yang akan dilakukan dalam penyelenggaraan Pemilukada. Dengan begitu, kata dia, Pemilukada Kota Depok dapat berjalan dengan baik. Tidak ada keterlambatan yang disengaja maupun yang tidak disengaja.  “Dengan fokus terhadap seluruh tahapan, maka Pemilukada di Kota Depok dapat berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Siti Nurjanah menegaskan, jika pertemuan antara komisioner KPUD dan wakil partai ataupun dengan tim sukses kandidat calon wali kota di lokasi tertentu masuk dalam kategori pelanggaran berat etika. Kasus tersebut bisa diadukan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Jadi saya berharap  tidak ada lagi komisioner KPUD melakukan pelanggaran etika. Apalagi sampai memenangkan kandidat calon wali kota,” tandasnya.(Faldi/Sudrajat)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *