KPU Tetapkan DPT Pilkada Melawi Sebanyak 160.434 Pemilih

Reporter : Frans somil

Komisioner KPU Melawi. Rapat PLENO Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Tetap. Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015 di Hotel Raja Wali Nanga Pinoh./foto:fran
Komisioner KPU Melawi. Rapat PLENO Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Tetap. Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015 di Hotel Raja Wali Nanga Pinoh./foto:fran

MELAWI ! POST POTAPONTIANAK.COMMelalui rapat pleno terbuka pada 2/10 2015 di Hotel Rajawali Nanga pinoh   KPU Melawi telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pilkada Kabupaten Melawi, sebanyak 160.434, jika di bandingkan DPS pilkada yang telah diplenokan sebelumnya mencapai, 172.193 pemilih, atau bertambah 19863, dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) pilpres tahun 2014, yang mencapai 152.330 pemilih. Kendati terjadi penambahan 8104 pemilih, jika dibandingkan dengan DPT pilpres tahun 2014 sebanyak 152.330.

Ketua KPU Melawi, Julita mengungkapkan, setelah DPT diumumkan, akan ada pendaftaran DPTB 1 bagi pemilih yang belum terdaftar. Pihaknya akan terus melakukan perbaikan DPT yang akan diumumkan pada tanggal 12 Oktober nanti.

“kami mengimbau kepada masyarakat untuk mengecek pengumuman Di PPS,  apabila namanya memang belum terdaftar silahkan mendaftarkan diri, ke PPS setempat, pendaftarannya akan kita buka dari tanggal 13 sampai dengan 20 Oktober, silahkan di cek pengumuman kami di seluruh kantor desa,” kata julita

Juliita menambahkan, pihaknya tetap meminta kepada PPS untuk memantau, apabila ada pemilih yang tidak memenuhi syarat, sebagaimana pasal 26 ayat 2, apabila ada orang yang sudah meninggal atau terdaftar dua kali, atau alih status agar bisa melapor ke PPS.

“Nanti PPS akan mencoret nama yang telah terdaftar tersebut. Jadi masyarakat juga bisa memantau apabila ada daftar nama yang tidak layak masuk,” katanya.

Julita juga mengatakan DPT ini juga akan menjadi acuan cetak surat suara, apakah nantinya tidak akan menimbulkan perselisihan antara surat suara dengan pemilih. Bahkan tidak menutup kemungkinanan DPT tersebut juga masih memerlukan perbaikan.

“ Setelah Rekap kita ditetapkan sebanyak 160.434, tidak akan mengalami perubahan, orangnya yang akan kita coret, pencetakan surat suara C6 juga berdasarkan penetapan ini, C6 nanti ditambah DPTB 1, dan tidak akan merubah rekab, rekab akan sama dengan yang di tetapkan saat ini, hanya saja apabila masih ditemukan ada pemilih yang tidak memenuhi syarat agar di laporkan kepetugas PPK atau PPS supaya dicoret, sedangkan surat suara tetap akan didistribusikan, hanya saja tidak bisa dipergunakan” jelasnya.

Ketua Panwas Melawi, Lennys memberikan apresiasi atas kerja keras PPK dan KPU dalam memverifikasi data pemilih, sehingga angkanya bisa mengalami perubahan cukup signifikan dari DPS ke DPT.

“Kalau kita hitung dari DPT pilpres sampai ke DPT sekarang ini cukup banyak penurunannya, tapi, kalau kita mengkaji pemilu 2009 ke pemilu bupati tahun 2010, peningkatannya dikisaran 2000 an lah” namun saat ini peningkatannya sampai 8000 lebih, dan ini juga perlu kita sikapi bersama ,” Jelasnya ./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *