KPU Gelar Debat Publik Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Melawi Tahun 2015 Dengan Tema “ Mencari Figur Idola Membangun Kabupaten Melawi”

Debat Publik Pasangan Calon Bupati & Wakil Bupati Melawi./ foto : Frans
Debat Publik Pasangan Calon Bupati & Wakil Bupati Melawi./ foto : Frans

Reporter// Frans somil //

MELAWI ! POSTKOTA PONTIANAK.COM-KPU Kabupaten Melawi menyelenggarakan Debat Publik pasangan Calon Bupati dan Wakil bupati Melawi   2015 , acara debat berlansung di pendopo Rumah jabatan Bupati pada Rabu 28 0ktober 2015, Debat bertemakan ”Mencari Figur Idola Membangun Kabupaten Melawi “.

Sebelum acara debat berlansung Ketua KPU Kabupaten Melawi Julita membacakan kata sambutan, sekaligus membuka acara debat public.

Tampak hadir Kapolres , Ketua KPU Propinsi Kalimantan Barat , Ketua DPRD Melawi, Lo Kodim 1205 Sintang , Panwas dan Ketua Tim Kampanye masing- masing pasangan calon serta para Ketua Partai Pengusung, Kepala Dinas dan SKD, Kepala Badan serta undangan lainnya , Para Camat dan Kepala Desa se- Kabupaten Melawi yang turut serta menghadiri undangan debat publik yang baru pertama kalinya diadakan oleh KPU di Kabupaten Melawi.

Kegiatan debat publik merupakan amanah dari peraturan KPU nomor 7 tahun 2015 pasal 5 ayat 2 sesuai dengan keputusan KPU Melawi nomor 4 tahun 2015 tentang tahapan program dan jadwal pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2015, maksud dan tujuan dari acara kampanye debat publik pasangan calon Bupati dan wakil bupati adalah merupakan salah satu upaya KPU Kabupaten Melawi untuk mensosialisasikan dan menyebar luaskan profil visi Misi program kerja serta komitmen pasangan Calon Bupati dan wakil bupati tahun Melawi tahun 2015 terhadap tema   peningkatan kesejahteraan masyarakat , memajukan daerah , meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, Menyerasikan pelaksanaan dan pembangunan daerah Kabupaten Propinsi dan Nasional serta memperkokoh Negara kesatuan republik Indonesia dan kebangsaan. khususnya untuk masa depan Kabupaten Melawi.

Selain Debat tersebu dipandu oleh Moderator handal DR. Saharimiko, Msi, dari universitas Tanjungpura Pontianak, sebanyak 6 sesi pertanyaan yang di ajukan oleh moderator kepada masing-masing pasangan calon Bupati dan wakil bupati Nomor 1 yaitu Panji S.0s dan Dadi sunarya Usfa yusra A.md dan pasangan calon nomor 2   Firman Muntaco,SH, MH dan Drs John Murkanto Ajan M,si.

Dimana  setiap sesi pertanyaan yang diajukan kepada pasangan calon Bupati dan wakil bupati, moderator memberikan waktu selama 3 menit untuk menjawab, mulai dari pembangunan insfrastruktur, tata kelola pemerintahan yang bebas KKN, Ekonomi, budaya, sumber daya alam dan pengembangan sumber daya manusia serta pembagian tugas dan fungsi seorang Wakil bupati.

Sementra sesi yang paling menarik adalah Masing-masing pasangan calon di berikan kesempatan oleh moderator untuk melakukan pertanyaan kepada pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati, terkait apa yang mesti dilakukan dan bagaimana Tugas dan fungsi seorang bupati dan wakil bupati bila terpilih nantinya .

Terlihat ratusan pendukung dan simpatisan dari kedua pasangan calon meneriakan yel-yel, yang berada di dalam dan di luar ruangan. Tanya jawab dan pemaparan semakin menambah semangat masyarakat yang menyaksikan acara debat.

Sepanjang debat berlansung, ratusan personil aparat keamanan dari Polres Melawi terlihat berjaga-jaga di area Pendopo, kendati saat berlangsung debat sempat terjadi ganguan tehknis pada mikcropon, namun acara debat tetap berlansung aman dan tertib hingga usai.

Ketua KPU Kabupaten Melawi Julita, usai acara debat mengatakan kepada “Postkota Pontianak.com “ Syukur karena acara debat publik hari ini dapat terlaksana dengan lancar meskipun ada kendala tehknis itu memang di luar dari kemampuan kami tapi saya bersyukur bisa berjalan sampai berakhirnya sesi secara keseluruhan, kami menilai bahwa ini sukses, tapi memang ini bukan yeyel ya, tepuk tangan wajarlah karena masing-masing sporter ikutkan , jadi kami pun sangat berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini, juga kepada teman teman wartawan yang telah mensosialisasikan kami harapkan dengan adanya debat publik ini di harapkan masyarakat yang tadinya masih ragu, masih bimbang untuk menentukan pilihanya pada tanggal 9 Desember 2015 dapat segera menentukan pilihannya siapa yang akan di pilih nanti,tidak usah ragu lagi karena ini adalah upaya kami untuk mensosialisasikan serta mempublikasikan masing masing profil pasangan calon untuk lima tahun kedepan,” kata julita.

Terkait acara debat publik Kapolres Melawi AKBP Cornelis M Simanjuntak, “ kita aparat keamanan benar-benar mengharapakan seperti itu yang di suarakan oleh masyarakat Kabupaten Melawi, tidak ada kecurangan tidak ada hal-hal yang di lakukan di luar dari areal atau sekitar Kabupaten Melawi karena beberapa kemungkinan yang diinformasikan datang dari Kabupaten lain semua itu kan tidak benar, harapan kita kan seperti itu, supaya benar-benar Kabupaten Melawi lah yang memilih, siapa menjadi putra daerah yang betu- betul dipilih warga masyarakat Kabupaten Melawi, di barengi dengan kekuatan yang sungguh-sungguh dari personil Polres Melawi untuk bisa menciptakan kedamaian ketentraman dalam pelaksanaan pilkada, ucap Cornelis.

Saat ditanya berapa kekuatan Personil dari Polres Melawi yang akan terjunkan saat pengamanan Pilkada pada 9 Desember 2015, jumlah kekuatan personil yang akan kita terjunkan sebanyak 282 orang itu yang diterjunkan dalam kegiatan pengamanan Pilkada dan saat pemungutan suara pada hari H nanti, kemudian di luar itu kita juga akan minta bantuan BKO dari Brimob Polda kalbar dan Direktorat Shabara Polda Kalbar untuk membantu perkuatan pada saat penghitungan di PPK karena menurut analisa intelejen penghitungan di PPK itulah yang menjadi potensi kerawanan, apabila ada kecurangan-kecurangan dan ada indikasi yang melakukan penyimpangan itulah yang harus diperkuat oleh kekutan Polres maupun Polda Kalimantan Barat, jelas Kapolres./ *

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *