Korem 121/Abw Laksanakan Latihan Posko I

SINTANG ! POSTKOTAPONTIANAK.COM ~  Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura Brigjen TNI Ahmad Supriyadi membuka Latihan Posko I Korem 121/Alambhana Wanawai di Aula Makorem 121/Abw Jl. Pangeran Kuning No. 1 Sintang, Rabu (14/09/2016),

Latihan Posko I untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Korem dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup hal-hal keterpaduan, kerja sama dan koordinasi dalam pengambilan keputusan, teknik, olah yudha dan pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki, prosedur dan tata cara kerja yang berlaku dalam suatu Posko serta Kodal Operasi guna membantu tugas Pemda dalam menghadapi permasalahan di wilayahnya, dikatakan Pangdam XII/Tpr melalui Kasdam XII/Tpr saat membuka Latihan Posko I Korem 121/Abw.

Kasdam menegaskan bahwa palam pelaksanaan latihan kali ini, sasaran yang harus dicapai bagi Komandan Satuan dan Pa Staf Korem antara lain, mampu melaksanakan Kodal pada suatu kegiatan proses perencanaan dan persiapan operasi, melaksanakan prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam mekanisme suatu Posko.

“Selain itu, Dansat dan Pa Staf harus mampu  meningkatkan penerapan taktik dan teknik dalam pelaksanaan operasi penanganan bencana alam, melaksanakan koordinasi dan kerja sama terpadu pada proses perencanaan, persiapan dan pelaksanaan suatu operasi bersama Pemda atau Kepolisian dalam operasi penanganan bencana alam” paparnya.

Lanjut Kasdam, perkembangan lingkungan strategis dan hakekat ancaman yang dihadapi saat ini, masih diwarnai oleh berbagai permasalahan bangsa yang bersifat multidimensi. Munculnya gerakan aksi terorisme, dan konflik komunal/horizontal masih menjadi kerawanan di beberapa wilayah tanah air termasuk di wilayah Kodam XII/Tpr.

“Komposisi masyarakat Kalimantan Barat yang heterogen, disertai karakteristik geografis daerah dan juga adanya perbatasan dengan Negara Jiran Malaysia, perlu mendapatkan perhatian guna mencegah terjadinya konflik di tengah-tengah masyarakat”, terangnya.

Kasdam menambahkan, yang sering menjadi perhatian khusus dan datangsetiap tahun adalah masalah bencana alam yaitu, banjir, tanah longsor, bencana kabut asap akibat kebakaran hutan atau lahan yang sering kali timbul pada musim kemarau kerap terjadi di wilayah Kodam XII/Tpr, jikahal ini tidak ditangani secara cepat dan tepat, tentunya akan semakinmemperburuk keadaan.

Kasdam mengharapkan penyelenggara untuk menyelenggarakan latihan secara optimal dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga peserta latihan mendapatkan gambaran yang jelas tentang tugas dan tanggungjawabnya di lapangan./dd/lk

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *