Koramil Embaloh Hulu Apel Peduli Bahaya Asap

Reporter : Devi Lahendra

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! KAPUAS HULU – Seluruh Koramil jajaran Kodim 1206/Psb melaksanakan apel bersama segenap komponen masyarakat dalam rangka “Gerakan Peduli Bahaya Asap”. Salah satunya Koramil

Apel Bersama Anggota TNI dan Masyarakat Embaloh Hulu./IST
Apel Bersama Anggota TNI dan Masyarakat Embaloh Hulu./IST

1206-05/Embaloh Hulu, menyelenggarakan apel bersama komponen masyarakat di halaman Kantor Camat Embaloh Hulu, yang dihadiri muspika, anggota Koramil (Babinsa), anggota Polsek (Babinkamtibmas), Todat, Toga, Tomas, Toda, Lsm, pelajar sekolah dasar sampai tingkat SMA.

Danramil 1206-05/Embaloh Hulu melalui Wadanramil Kapten Inf Varyanta dalam sambutannya mengajak kepada masyarakat untuk mengurangi tindakan bakar lahan yang dilakukan oleh oknum.

“ Disini saya mengajak serta menyampaikan larangan maupun ancaman pidana terhadap pembakaran lahan. Meningkatkan kepedulian untuk segera melaporkan kejadian adanya pembakaran lahan serta akibat dari kabut asap bisa menimbulkan penyakit ISPA, “ tegas Varyanta dalam sambutannya.

Menurut Varyanta asap hasil pembakaran hutan dapat menyebabkan ISPA, merugikan jalur penerbangan udara, serta dapat berakibat kebakaran terhadap lahan kebun disekitar yang mengakibatkan perusahaan terancam bangkrut.

“ Jika itu sudah terjadi maka kita juga yang dirugikan dan masyarakat juga yang mendapat imbas dari semua itu. Unttuk itu mari kita bersama-sama menjaga alam kita dan tidak membakar lahan, “ paparnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kapolsek Embaloh Hulu Brigadir Maryan, juga membacakan maklumat Kapolda Kalbar No : MK/01/VII/2015 tgl 7 Juli 2015 tentang larangan pembakaran hutan dan lahan/kebun yakni dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

“ Sudah ditegaskan dalam Maklumat yang dikeluarkan oleh Kapolda, jadi ancaman bagi pembakar lahan adalah hukuman penjara, dan itu akan kita tindak tanpa harus memandang siapa yang membakar lahan, “ ucap Maryan.

Sedangkan untuk Koramil 1206-11/Silat Hilir beserta Muspika melaksanakan sosialisasi kepada para pekerja perusahaan sawit PT. RAP (Riau Agrotama Playtation) yang mempunyai luas lahan 10.000 Ha di Dusun Pelangi 2 Rt 02/02 Desa Sungai Sena Kec. Silat hilir. Acara dihadiri Danramil Silat Hilir Kapten Inf Bernabas, Ka Trantib Bapak Hamzah Sos, Kapolsek Silat Hilir Aiptu D. Sipayung S.Sos. Askep PT. RAP Bapak Heri, Babinsa Serda Ikminto dan Koptu Asmoi, Babinkamtibmas Brigadir Agung, Tomas Bapak Danu serta 75 para pekerja PT. RAP./*

Pasi Intel Kodim 1206/Putussibau

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *