Komunitas Pecinta Tosan Aji Jayakarta Bergabung ke Senapati Nusantara

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( JAKARTA ) – Para pecinta tosan aji di Jabodetabek dan sekitarnya yang tergabung dalam Komunitas Tosan Aji Jayakarta berkumpul di Bakoel Koffie Cikini, Jakarta Pusat dalam rangka syawalan sekaligus menyatakan sikap bergabung ke dalam induk paguyuban tosan aji nasional Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara).

“Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, Kami pecinta tosan aji Jayakarta pada hari ini, Sabtu 15 Juli 2017, dengan semangat bekerja bersama, menyatakan bergabung dengan Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara). Kami melihat visi dan misi Senapati Nusantara sesuai dengan jiwa dan semangat kami untuk turut berkontribusi positif dalam upaya pelestarian tosan aji nusantara.” Ujar Setiawan Yudhianto, Ketua Jayakarta di Jakarta (15/7/17).

Dalam upaya turut berkontribusi aktif melestarikan tosan aji nusantara, Jayakarta melalui bidang edukasi fokus pada program kelas budaya tosan aji dan bakti museum. Kelas Budaya Tosan Aji merupakan bertujuan untuk melakukan edukasi dan sosialisasi tosan aji Indonesia kepada pelajar dari tingkatan pendidikan dasar, menengah hingga perguruan tinggi dengan tujuan membangkitkan minat pelajar dan mahasiswa untuk mengenal, memahami dan mencintai tosan aji Indonesia. Sedangkan Bakti Museum merupakan kegiatan belajar perawatan koleksi tosan aji bagi konservator dan pegawai museum yang bertujuan untuk melakukan sosialisasi mengenai cara pembersihan, perbaikan serta perawatan tosan aji Indonesia seperti keris, tombak, pedang, golok, kujang dan lain-lain di museum-museum yang ada di Jabodetabek dan sekitarnya.

“Selain program Kelas Budaya dan Bakti Museum, Jayakarta melalui bidang usaha dan ekonomi juga mempunyai program Kopi Darat Pecinta Tosan Aji yang ajang pertemuan budaya pecinta tosan aji di Jabodetabek dan sekitarnya yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan keakraban diantara pecinta tosan aji. Dalam forum tersebut, selain ada edukasi keris kita juga membuka bursa tosan aji sebagai wahana peningkatan ekonomi. Alhamdulillah, sejauh ini sudah ada tanggapan positif terhadap program kami dan mulai bulan ini sudah bisa berjalan. Bahkan, dalam dua bulan ini kita sudah menjalin kerjasama untuk agenda pameran, salah satunya di mall ternama di Jakarta Selatan, Pondok Indah Mall” Lanjut Setiawan.

Menanggapi bergabungnya Komunitas Tosan Aji Jayakarta ke dalam Senapati Nusantara, Sekretaris Jenderal Senapati Nusantara Hasto Kristyanto menyambut positif hal tersebut.

“Kami Senapati Nusantara dengan terbuka dan senang sekali menerima bergabungnya komunitas tosan aji Jayakarta ini ke dalam Senapati Nusantara. Senapati Nusantara sebagai induk nasional dari paguyuban-paguyuban tosan aji se-Indonesia sangat mengapresiasi berbagai hal positif yang dilakukan oleh Jayakarta. Kami berharap Komunitas Jayakarta sebagai komunitas pecinta tosan aji di Jabodetabek mampu tumbuh dan berkontribusi positif bagi dunia tosan aji Indonesia. Kami Senapati Nusantara siap mendukung penuh komunitas tosan aji Jayakarta.” Ujar Hasto, yang juga Sekjend PDI Perjuangan ini.

Seperti yang diketahui, salah satu tosan aji nusantara, Keris telah diakui sebagai warisan budaya dunia tak benda dari Indonesia oleh UNESCO pada tanggal 25 November 2005. Pengakuan Keris Indonesia oleh UNESCO telah menjadikan dunia perkerisan Indonesia berkembang pesat. Keris bersama dengan pedang, kudi, kujang, tombak, badik, rencong, siwah, tumbuk lado, dan tosan aji lainnya merupakan warisan adiluhung bangsa yang menjadi identitas kultural bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan./Ug/(abePKP).

( Foto : istimewa ).

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *