Kodim 1202/Singkawang Gelar Apel Siaga “Asap”

Reporter : Devi Lahendra

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SINGKAWANG – Bertempat dilapangan upacara Makodim 1202/Singkawang  Jl. Alianyang Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang, Kalimantan Barat dilaksanakan upacara apel siaga pengendalian kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kota Singkawang.

Foto Bersama Usai Apel Siaga Antar Instansi di Kota Singkawang./ist
Foto Bersama Usai Apel Siaga Antar Instansi di Kota Singkawang./ist

Sekda Kota Singkawang  Drs. Syah Bandar mengatakan dalam sambutannya, kebakaran lahan dan hutan di Indonesia merupakan masalah yang rutin terjadi pada setiap musim kemarau dan telah terjadi dalam 15 tahun terakhir khususnya pada tahun 1997, 1998, 2005 dan 2006, kebakaran hutan dan lahan bukan hanya merupakan bencana lokal maupun nasional tetapi telah terjadi polemik di tingkat regional ASEAN.

Kebakaran lahan dan hutan dibeberapa daerah sebagian besar diakibatkan oleh aktifitas petani dalam membersikan lahan dengan diperparah lagi beberapa perusahan perkebunan yang melakukan Land Clearing dengan cara membakar lahan, “ ucap Syah, dalam sambutannya.

Adanya dinamika perubahan penggunaan lahan hutan untuk perkebunan, lanjut Syah mengatakan, telah mendorong terjadinya kebakaran hutan dan lahan sehingga menimbulkan kerugian pada aspek sosial, ekonomis, ekologis, politis pada skala Nasional, regional serta global.

“ Dari kajian BNPB menyatakan Provinsi Kalimantan Barat 11 jenis potensi bencana, salah satunya adalah kebakaran hutan dan lahan. Perlu ditingkatkan koordinasi dan kerja sama dengan pihak-pihak terkait yang telah terbina, tukasnya mengakhiri./

Pasi Ops 1202/Skw Kapten Inf Juju Jakaria

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *