Kodam XII/Tpr Siap Mengerahkan Kekuatan Untuk Berikan Bantuan Pemadaman Karhutla

Gubernur Kalbar Drs Cornelis selaku Pengambil apel menerima laporan./ dok : Pendam XII/Tpr
Gubernur Kalbar Drs Cornelis selaku Pengambil apel menerima laporan./ dok : Pendam XII/Tpr

PONTIANAK – POSTKOTAPONTIANAK.COM !  Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura Brigjend TNI Ahmad Supriyadi  menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna  TA 2016, dalam rangka penanggulangan bencana kebakaran hutan, kebun dan lahan di Lapangan Mapolda Kalimantan Barat, Jl. A Yani Pontianak, Selasa (26/7).

Apel Gelar Pasukan Operasi  Bina Karuna  TA 2016 dipimpin oleh Gubernur Kalimantan Barat Drs, Cornelis, M.H. hadir pula Danlanud Supadio, Kapolda Kalbar dan tokoh masyarakat  Kalimantan Barat  sebagai undangan.

Gubernur Kalbar menyematkan tanda Operasi Bina Karuna TA 2016 kepada Prajurit Kodam XII/Tpr.
Gubernur Kalbar menyematkan tanda Operasi Bina Karuna TA 2016 kepada Prajurit Kodam XII/Tpr.

Selain TNI dan Polri, Apel tersebut juga diikuti oleh komponen masyarakat lainnya, seperti  Manggala Agni, Yayasan Pemadam Kebakaran, dan Pramuka yang berasal dari Siswa-siswi Pelajar di Kalimantan Barat. Apel ini dilaksanakan bertujuan dalam rangka menyamakan langkah, menyatukan tekad untuk saling bahu membahu dalam mengendalikan terjadinya kebakaran hutan, kebun dan lahan di wilayah propinsi Kalimantan Barat.

Pada tahun 2015 Indonesia dilanda bencana asap yang sangat merugikan  Masyarakat diantaranya terganggunya transportasi, timbulnya penyakit ISPA, sekolah diliburkan, dan banyak lagi kerugian-kerugian yang ditimbulkan, dan yang tidak kalah pentingnya adalah Pemerintah Indonesia dibebani secara psikologi dan bahkan mengarah kepada kerugian secara ekonomi yang ditimbulkan dari dampak bencana kebakaran hutan dan lahan tersebut.

Gubernur Kalbar  Cornelis mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten di Kalimantan  Barat yang didukung oleh semua unsur terutama Aparat TNI dan Polri bahwa penanggulangan hutan dan lahan yang terbakar pada tahun 2015 dilakukan dengan baik.

Kepada seluruh masyarakat, warga, aparat keamanan TNI maupun Polri untuk menjaga dan tanggap terhadap pengendalian penanggulangan kebakaran hutan dan lahan sehingga Kalimantan Barat pada tahun 2016 Zero Asap, Ajak Gubernur.

Sementara menurut Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Ahmad Supriyadi, bahwa pihaknya  siap mengerahkan kekuatan  untuk  memberikan bantuan pemadaman Karhutla dan siap  memberikan bantuan kepada tugas-tugas pemerintah daerah dalam penanggulangan dan pengendalian bencana karhutla termasuk tindakan evakuasi apabila diperlukan, terangnya./dd/lk

Kasdam XII/Tpr, Danlanud Spo, Kapolda Kalbar dan Tokoh Masyarakat yang berfoto bersama.
Kasdam XII/Tpr, Danlanud Spo, Kapolda Kalbar dan Tokoh Masyarakat yang berfoto bersama.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *