Kodam XII/Tpr Kirim Pasukan ke Malaysia untuk lakukan Latihan Bersama

SANGGAU ! POSTKOTAPONTIANAK.COM ~ Asisten Operasi Kepala Staf Komando Daerah Militer (Asops Kasdam) XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri M. Muchidin, melepas Pasukan Kodam XII/Tpr yang akan melaksanakan Latihan Bersama dengan Tentara Diraja Malaysia di Markas Kompi Senapan B Yonif 642/Kps, Senin (19/9/2016).

Latihan bersama yang akan diikuti oleh 130 Personel tersebut dengan rincian 96 pelaku dari Yonif 642/Kapuas dipimpin oleh Lettu Inf Agus Radianto, serta didukung 30 personel pendukung pimpinan Danbrigif 19/KH Letkol Inf. Ibnu Jarwadi.
Latihan bersama dilakukan dengan tujuan untuk melatih Kompi Senapan Yonif 642/Kapuas dalam pelaksanaan Operasi Bersama antara TNI AD dengan AD Malaysia dari Briged 3 Batalyon 11 RAMD.

Latihan Bersama dengan nama Keris Kartika Malaysia-Indonesia (Kekar Malindo) 40-AB/2016, akan berlangsung selama 12 hari dari tanggal 19 sampai dengan 30 September 2016 di Wilayah latihan TDM (Tentara Diraja Malaysia) daerah Bau, Lundu dan Sematan Kompleks, Serawak Malaysia, dengan menggunakan metode GPMM (CPX/Command Post Exercise) dan dilanjutkan dengan Gladi Lapangan (FTX/Field Training Exercise).

Dalam sambutannya diacara pelepasan, Asops Kasdam XII/Tpr menyampaikan “Latihan bersama digelar untuk memelihara persahabatan dan meningkatkan kemampuan masing-masing Negara di Bidang Pertahanan”.

“Selain itu, Kekar Malindo disamping untuk meningkatkan kerja sama antara TNI AD dengan Tentera Darat Diraja Malaysia (TDM) juga untuk mewujudkan hubungan yang dinamis serta mencerminkan keharmonisan, keakraban yang saling menguntungkan”, ujar Asops Kasdam XII/Tpr.

Selanjutnya Asop berpesan, “setiap pelaksanaan latihan lakukan dengan semangat, selalu menjaga kesehatan, jalin keakraban dengan Pasukan TDM dan manfaatkani fasilitas yang dipersiapkan oleh Malaysia, ikuti aturan tata tertib, gunakan bahasa yang benar dalam setiap bicara maupun dalam bertukar pikiran agar mendapatkan hasil yang baik dan benar”./Dd/Lk

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *