Kodam XII/Tpr Gelar Sosialisasi Juknis tentang Binter Satnonkowil dan Juknis tentang Proglatsi Satkowil

KUBU RAYA ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura Brigjend TNI Ahmad Supriyadi membuka Sosialisasi Kegiatan Terpadu Pusterad  di Aula Makodam XII/Tpr Jl. Arteri Ali Anyang No 1. Sungai Raya kubu Raya, Kamis (04/08/2016).  Sosialisasi diikuti oleh Pejabat Staf teritorial dan perwakilan Komandan Koramil satuan jajaran Kodam XII/Tpr. Tema Kali ini “Kegiatan Teritorial Terpadu Pusterad Bidang Sistem Metode  TA. 2016 Sosialisasi Juknis tentang Binter Satnonkowil dan Juknis tentang Proglatsi Satkowil”

Pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini melalui metode pembinaan Teritorial. Pembinaan teritorial bukan hanya milik Kowil semata, tetapi dapat juga dilakukan oleh Satuan non Kowil dalam membantu Kowil setempat untuk mendukung tugas satuan non Kowil yang membutuhkan dukungan dari masyarakatnya, dikatakan Kasdam saat membuka Sosialisasi Kegiatan Terpadu Pusterad.

”Untuk Satkowil, akan dilaksanakan sosialisasi Juknis tentang Proglatsi Satkowil yang bertujuan untuk menyamakan pemahaman dan tindakan dalam rangka pencapaian sasaran latihan di Satkowil”, kata Kasdam

Sedangkan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing satuan, maka Satuan non Kowil dalam menyelenggarakan Pembinaan Teritorial selama ini mengacu pada Bujuknik tentang Binter Terbatas. Namun dengan Binter sebagai fungsi utama TNI AD sebagaimana ditetapkan dalam Doktri TNI AD Kartika Eka Paksi, maka perlu diadakan perubahan terhadap penyelenggaraan Binter oleh Satuan non Kowil sesuai dengan Juknis tentang Binter Satuan non Kowil, terangnya.

Sementara Kolonel Czi Gamal Haryo Putro, S.IP ., M.S.S., M. Hum., Selaku ketua Tim Sosialisasi menjelaskan, bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi tentang penyelenggaraan Binter di satuan bawah sebagai satuan pelaksana.

Binter sebagai fungsi utama Angkatan Darat, tertuang dalam doktrin “ Kartika Eka Paksi” dan telah di sahkan dengan keputusan Kasad nomor Kep/480/XII/2013 tanggal 4 Desember 2013. Sesuai pasal 8 Undang Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tengtang TNI, kususnya dalam pemberdayaan wilayah peertahanan di darat, jelasnya.

Lanjutnya, latar belakang mengapa Pusterad melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Asistensi secara terpadu antara lain yaitu petunjuk teknis tentang kerja sama dengan Pemda adalah petunjuk yang baru disusun pada tahun 2015, Satuan non Kowil diharapkan mengerti bahwa saat ini kita mengacu kepada doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi, maka di susunlah petunjuk teknis tentang Proglatsi satkowil dan sudah disahkan dengan keputusan Kasad Nomor Kep/285/V/2015 dan berkaitan dengan produk Sisrendal Binter dan ketatalaksanaan Binter pada saat ini, kondisi yang sangat memprihatinkan para Apkowil sangat minim perhatiannya pada produk produk tersebut./ dd/lk

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *