Kodam XII/Tpr Gelar Peringatan HUT ke 71 TNI

PONTIANAK ! POSTKOTAPONTIANAK.COM –  Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Andika Perkasa memimpin Upacara peringatan HUT  ke-71 TNI di Lapangan Upacara Mapomdam XII/Tpr Jl. Rahadi Usman No. 1 Pontianak, diikuti oleh Prajurit TNI dan PNS jajaran Kodam XII/Tpr Wilayah Garnisun Pontianak, Rabu (5/10), dengan Komandan Letkol Inf Dwi Nugroho Danyonif 643/Wanara Sakti.

Tema peringatan HUT ke-71 TNI kali ini masih sama dengan tema tahun yang  lalu yaitu “Bersama Rakyat, TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”.

Dalam amanatnya Pangdam XII/Tpr  membacakan Amanat Panglima TNI mengajak  Prajurit, PNS  dan keluarga  besar TNI untuk mendoakan para Pahlawan, sesepuh dan senior TNI yang telah mendarmabaktikan dirinya mengukir prestasi demi kemajuan Bangsa, Negara dan TNI.

Pelaksanaan upacara peringatan kali ini pun tidak digelar secara terpusat  dengan menampilkan upacara parade, defile, demonstrasi atraktif prajurit dan Alutsista TNI  tetapi  digelar upacara di setiap daerah dengan sederhana .

“Kegiatan yang kita laksanakan kali ini  tidak mengurangi makna dan kemeriahan  peringatan itu sendiri, karena tiap-tiap satuan wilayah TNI melaksanakan upacara yang dipadukan dengan pertunjukan seni  dengan mengangkat kearifan lokal seperti membaca puisi, Cipta lagu, tarian daerah setempat, kegiatan sosial bedah rumah, operasi katarak dan  pengobatan massal, itu merupakan wujud  kepedulian TNI kepada rakyat ” kata Panglima.

Selain itu, Panglima juga menjelaskan bahwa TNI telah dan akan terus memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan Negara  melalui operasi militer perang maupun operasi  militer selain perang. Khususnya operasi Militer selain perang telah dilaksanakan dengan baik oleh TNI melebihi panggilan tugas.

Dalam Pilkada 2017 nanti Panglima memerintahkan  kepada prajurit maupun satuan untuk mengedepankan netralitas dalam segala tahapan Pilkada dengan melakukan temu cepat dan lapor cepat apabila ditemukan potensi hal yang tidak netral serta dapat mengganggu atau menghambat tahapan pilkada.

Pemberian tanda kehormatan Negara yaitu Satya Lancana Kartika Ekapaksi Nararya, XXIV dan XIV tahun yaitu masing-masing Mayor Inf Teguh Rohman dari Kodim 1207/BS, Kapten Chb M. Yamin dari Denhubdam XII/Tpr dan Lettu Kav Wates Yuliono dari Yonkav 12/BC.

Usai  memimpin upacara peringatan HUT ke 71 TNI, Pangdam XII/Tpr berkenan melakukan door stop bersama awak media./Dd/Lk

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *