Kodam XII/Tpr Gelar Nusantara Bersatu Ribuan Anak Bangsa Merah Putihkan Makodam

IMG_20161201_072940KUBU RAYA ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Suasana berbeda pada Rabu sore 30 November 2016 terlihat di lapangan Makodam XII/Tanjungpura, yang dipenuhi ribuan masyarakat. Tidak kurang dari sepuluh ribu yang hadir bersatu dalam rangka gelaran acara Nusantara Bersatu. Kegiatan yang digagas untuk mempererat persatuan dan kesatuan seluruh anak bangsa yang ada di Kalimantan Barat khususnya Kota Pontianak dan Kubu Raya, mengambil Tema, Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia kita bersama, Bhineka Tunggal Ika.

Tampak ribuan peserta yang hadir, datang dari kalangan TNI-Polri, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Mahasiswa, Pelajar, Pegawai Negeri, Pegawai Swasta, pedagang dan terlihat juga beberapa organisasi kepemudaan pun turut hadir.

Ketika diatas panggung dalam rangkaian kegiatan tersebut Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Andika Perkasa, SE., MA., M.Sc., Ph.D meneriakkan merah putih teruslah berkibar, dengan sontak peserta hingga gemuruh teriakan dengan penuh semangat menggetarkan semua yang ada, hidup Indonesiaku, hidup Indonesiamu, Indonesia kita bersama, Bhineka Tunggal Ika, sambil mengibarkan bendera Merah Putih.

Bahkan ketika kegiatan dilanjutkan di Aula Makodam XII/Tpr dikarenakan hujan sangat lebat, tetapi tidak menyurutkan semangat para peserta yang hadir untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Saat Pangdam membuka acara di aula, beliau menyampaikan meskipun hujan turun tetapi merah putih di dada kita tidak akan luntur yang disambut tepuk tangan dan teriakan semangat dari peserta Nusantara Bersatu. Namun, aula Makodam yang menjadi tempat acara tidak mampu menampung seluruh peserta sehingga membeludak hingga basement aula.

Rangkaian acara diisi dengan penyampaian orasi dari beberapa tokoh kepada seluruh hadirin bahwa tidak ada tawar menawar lagi selain NKRI Harga Mati.

Mari kita eratkan persatuan dalam Kebhinnekaan. Jadikan perbedaan sebagai anugerah dan karunia yang justru membuat bangsa kita kuat dan hebat. Demikian diantara penyampaian oleh perwakilan tokoh masyarakat.

Kegiatan diakhiri dengan memanjatkan doa yang dipimpin oleh seluruh pemuka lintas agama secara bergantian.

Usai kegiatan Pangdam XII/Tpr menyampaikan kepada awak media, bahwa kegiatan “Nusantara Bersatu”, diselenggarakan karena ingin mengingatkan bahwa Indonesia milik kita semua, milik saya, milik Kapolda, milik semua masyarakat. Rakyat memang beragam tetapi kita bersatu, tegas Pangdam.

Sementara itu, Tokoh Adat, Arman (40) warga Desa Mekar Sari mengatakan, “saya sangat bangga keberagaman dan persatuan seluruh masyarakat”. Dengan adanya perbedaan tidak masalah selama masih cinta terhadap Indonesia, ujarnya.

Lanjut Arman, saya bangga dan senang sekali, perbedaan suku, agama, adat, warna kulit bukanlah suatu penghalang bagi kita, namun tetap bersatu padu, saya bangga masyarakat bisa hadir inilah Indonesia, perbedaan merupakan kekuatan bagi kami, hidup masyarakat, hidup TNI, tukas Arman./red/PKP  //foto dok Pendam XII/Tpr// 

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *