Kepala Dishub : Perwa Nomor 8 Tahun 2015 Segera Diberlakukan

Persyaratan dan Prosedur Pemberian Izin Angkutan Segera Diterapkan

Kepala Dishub Kota Depok, Gandara Budiana (Ist)
Kepala Dishub Kota Depok, Gandara Budiana (Ist)

DEPOK-POSTKOTAPONTIANAK.COM !! Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok,  Gandara Budiana membenarkan, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mulai 1 Januari 2017 yang akan datang, akan memberlakukan secara tegas salah satu regulasi yang terdapat di dalamnya Peraturan Walikota (Perwa) Depok Nomor 8 tahun 2015 tentang persyaratan dan prosedur pemberian izin penyelenggaraan angkutan orang dalam trayek tersebut.

“Jadi Perwa Depok Nomor 8 tahun 2015, mulai 1 Januari 2017 akan diberlakukan. Yakni salah satu hal yang diatur yakni mengenai pembatasan usia kendaraan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum dalam trayek,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (26/3/2016).
Menurut Gandara, bahwa pembatasan usia kendaraan yang dimaksud antara lain untuk mobil penumpang, taksi dibatasi hingga kendaraannya berusia tujuh tahun. Untuk mobil bus kecil seperti angkot batas usia kendaraannya 10 tahun.
“Sedangkan bagi mobil bus sedang yang beroperasi di Kota Depok hingga batas umur kendaraan 15 tahun. Serta bagi mobil bus besar yang memiliki trayek di Kota Depok dibatasi umur kendaraannya hingga 20 tahun,” tutur mantan Kadis Satpol PP Kota Depok itu.
Sementara ditempat terpisah Akhmat Zaini, selaku Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Lintas Batas Dishub Pemkot Depok mengingatkan, bahwa hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penjaminan pelayanan jasa angkutan umum trayek yang ada di Kota Depok, serta menjadikan aman dan nyaman.
Selain itu juga kendaraan harus dilakukan ubah fungsi menjadi angkutan orang tidak umum lagi (angkutan pribadi) atau dilakukan ubah bentuk menjadi angkutan barang.
“Artiya, bilamana ada kendaraan angkutan orang telah melewati batas usia kendaraan maka regulasi di dalam Perwa disebutkan angkutan umum yang bersangkutan akan dilarang beroperasi atau melayani jasa angkutan penumpang umum di Kota Depok,” imbuhnya.(Faldi/Sudrajat)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *