Kepala Disdik Tutup Lomba Apresiasi PTK PAUD Berprestasi

Guru Harus Seperti Induk Ayam./Ist
Guru Harus Seperti Induk Ayam./Ist

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! DEPOK-Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Heri Pansila mengungkapkan, bahwa angka partisipasi kasar (APK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Depok, pada tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) berada diurutan nomor buncit.

“Maka dari itu, diharapkan seluruh kepala sekolah dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Depok agar terus meningkatkan kompetensi untuk menggenjot angka partisipasi kasar (APK) PAUD Kota Depok,” ungkapnya  Kamis (26/3/2015), saat menutup lomba Apresiasi Pendidik Tenaga Kependidikan (PTK) PAUD Berprestasi Tingkat Kota Depok, di gedung Dibaleka.

Dia menjelaskan, bahwa esensi dari digelarnya perlombaan ini sesungguhnya bukan untuk mencari siapa yang menang dan siapa yang kalah. Tapi lebih pada mengasah kompetensi kepala sekolah dan guru dalam memimpin institusinya.

“Untuk menjadi kepala sekolah tidak harus pintar, cerdas, dan memiliki nilai baik. Tapi bagaimana ia peduli dengan lingkungan. Artinya, bisa membangun lingkungan sekitar sehingga melahirkan generasi yang berprestasi,” jelas Heri.

Heri juga mencontohkan, bahwa seorang guru seperti seekor induk ayam yang tengah menetaskan anaknya. Selama 21 hari, si induk mengeramkan telurnya dengan penuh kelembutan, kehangatan, kasih sayang dan pengorbanan yang pada akhirnya berhasil menetaskan sang anak. “Begitu juga tugas seorang guru, bagaimana mengajarkan siswanya dengan penuh kelembutan, kehangatan, kasih sayang serta pengorbanan maka lahirlah generasi masa depan Depok yang potensial,” ujarnya.

Heri menegaskan, namun induk ayam tidak memiliki seluruh kreteria tersebut maka yang keluar bukan anak ayam tapi telor mata sapi atau telor busuk. “Sekali lagi saya tekankan bahwa kompetisi ini untuk membangkitkan semangat pantang menyerah dan mau berkorban para kepala sekolah serta guru,” tandasnya. /Faldi/Sudrajat/

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *