Kepala Dinkes : Antisipasi DBD

Pemberantasan Sarang Nyamuk

DEPOK – Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Dr Noer Zamanti Lies mengungkapkan, bahwa untuk mengantisipasi terhadap penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti. Bahkan juga menjadikan penyebab utama Demam Berdarah Dengue (DBD), mengingat sekarang ini sudah masuk musim hujan.

Kepala Dinkes kota Depok./ist
Kepala Dinkes kota Depok./ist

“Maka dari itu, pihak Dinkes mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap penyakit menular tersebut. Jadi pencegahan DBD tersebut bisa rutin dilakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Cara alamiah ini, dinilai lebih aman daripada dengan fogging yang menggunakan bahan kimia,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (27/2), di Balaikota.

Lies menjelaskan, bahwa dengan cara pemberantasan sarang nyamuk secara intervensi itu dinilai masih sangat efektif. Namun, selain dukungan pemerintah daerah, dukungan pihak swasta, stakeholder dan peran serta seluruh lapisan masyarakat juga sangat dibutuhkan.

“Perlu adanya perubahan imej masyarakat dari fogging dengan PSN rutin dan serentak. Bahkan pihaknya pun menghimbau kepada Camat dan Lurah dapat mengajak warganya untuk membunuh nyamuk atau jentiknya. Artinya, mematikan satu nyamuk dewasa sama saja membunuh 800 jentik nyamuk,” imbuhnya.(Faldi)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *