Kejaksaan Lelang Barang Rampasan Negara

Saptono.(foto : yahya)
Saptono.(foto : yahya)

POSTKOTAPONTIANAK.COM, SEKADAU-Barang-barang hasil kejahatan yang sudah melewati proses hukum akan disita oleh negara. Barang bukti kejahatan ini akan dilelang secara terbuka oleh instansi yang berwenang melakukan pelelangan. Uang hasil lelang kemudian akan masuk ke kas negara, begitu juga di Kabupaten Sekadau.

Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Sekadau dengan menggandeng Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak akan melaksanakan penjualan umum (lelang) barang rampasan Negara yang ada di kantor Kejari Sekadau.

“ Ada lima jenis barang yang akan dilelang,” ujar Saptono, Ketua panitia lelang Kejari Sekadau di kantornya, kemarin pagi.

Barang-barang yang dilelang itu sudah memiliki kekutan hukum tetap berdasarkan Putusan Pengadilan. Barang-barang yang dilelang lebih didominsasi jenis kayu olahan dan kayu log, serta satu unit kapal motor.

“Lelang dimulai pukul 09.00 WIB hingga selesai. Ada beberap persyaratan yang sudah ditetapkan kepada para peserta lelang,” ucap Saptono.

Pria yang menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Pembinaan (Kasubag Bin) Kejari Sekadau itu menjelaskan, sebelum mengikuti lelang, peserta lelang sudah harus menyetorkan uang jaminan sesuai dengan nilai jaminan barang yang dikehendaki. Uang jaminan itu akan dikembalikan dalam keadaan utuh kepada peserta jika peserta tersebut tidak terpilih sebagai pemenang.

“ Lelang ini berlangsung terbuka. Semua masyarakat atau badan usaha berhak mengikuti dengan terlebih dahulu melengkapi persyaratan yang ada,” tegas Saptono. (Yahya PKP)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *