KEGIATAN COFFEE MORNING LANTAMAL XII DENGAN FORKOPIMDA DAN UNSUR MARITIM KALBAR BERSAMA DANGUSKAMLABAR

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( PONTIANAK ) – 26 Juli 2017, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XII Pontianak Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Endi Supardi menyambut kedatangan Komandan Gugus Keamanan Laut Armada RI Kawasan Barat (Danguskamlabar) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han), yang onboard di KRI Barakuda-633 singgah dan sandar di pelabuhan umum Pontianak dalam rangkaian melaksanakan kegiatan operasi Walya Udhaya 2017. Operasi keamanan laut tersebut dilaksanakan diperairan yuridiksi nasional Indonesia wilayah barat untuk menangkal dan menindak pelanggaran hukum serta menjaga keamanan laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Disela kegiatan bekal ulang KRI Barakuda-633 di pelabuhan Pontianak, Danlantamal XII Brigen TNI (Mar) Endi Supardi bersama Danguskamlabar Laksma TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han) mengadakan silaturahmi dengan unsur maritim Kalimantan Barat yang dikemas dalam kegiatan Coffee Morning di gedung Malahayati Lantamal XII Pontianak jalan Komodor Yos Sudarso No. 1 Pontianak, Rabu (26/07). Danlantamal XII Pontianak dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan yang diselenggarakan ini memiliki makna penting dalam menyamakan persepsi keamanan laut serta membangun sinergitas antara TNI AL, Pemerintah Daerah, stake holder kemaritiman dan para pelaku usaha  ekonomi kemaritiman sampai dengan pengguna laut ataupun perairan, khususnya di wilayah Kalimantan Barat yang terkenal dengan julukan “Provinsi Seribu Sungai”, dimana aktifitas perekonomian masyarakat maritim sangat bergantung dan mendambakan situasi keamanan laut yang kondusif. Situasi tersebut  menjadikan Kalbar sangat berpeluang untuk mengembangkan potensi ekonominya melalui pembangunan yang berbasis kemaritiman (maritime base oriented) hal ini selaras dengan kebijakan Presiden RI Ir H. Joko Widodo untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Untuk itu, sangatlah tepat apabila melalui forum silaturahmi ini, seluruh komunitas maritim Kalbar bertukar ilmu dan pengalaman di lapangan sehingga terimplementasi kerjasama yang saling menguntungkan melalui koordinasi dan komunikasi yang intensif serta mengesampingkan ego sektoral masing-masing instansi kamritiman Kalbar. Prinsip tersebut harus dipegang bersama dalam mewujudkan situasi keamanan laut Kalbar yang kondusif, terjaga dan menguntungkan bagi pelaku usaha ekonomi maritim.

Sebagai pembicara dalam kegiatan Coffee Morning tersebut, Danguskamlabar Laksma TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han) menyampaikan tentang pentingnya pengelolaan keamanan maritim dan terjalinnya sinergitas antar instansi vertikal baik instansi maupun non instansi serta dengan organisasi kemaritiman guna menjaga keamanan perairan wilayah Kalbar termasuk juga keamanan dan keselamatan pelayaran (Maritime Security). Dijelaskan dengan kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpah dan posisi geografis yang sangat strategis, Indonesia harus menjaga stabilitas keamanan maritim nasional. Berbagai persoalan internal stake holder kemaritiman diantaranya tumpang tindihnya kewenangan berbagai kepentingan baik antar stakeholdermaritim Indonesia sendiri maupun antar kepentingan dengan negara-negara lain sangat mempengaruhi terciptanya stabilitas keamanan maritim yang diharapkan. Dalam forum coffee morning ini, akan dapat memberikan hasil yang maksimal apabila kita dapat menyisihkan kepentingan/ego sektoral untuk selalu mengutamakan tujuan dan kepentingan nasional bangsa Indonesia. Berkaitan dengan hal ini, perlu persamaan persepsi dari berbagai stakeholder maritim Indonesia yang berwenang di laut untuk merumuskan suatu konsep kerjasama dalam menata dan memelihara stabilitas keamanan maritim.

Turut hadir dalam acara coffee morning tersebut, para perwira staf Lantamal XII, Komandan KRI, Forkipimda Kalbar, Kepala BNN Kalbar, Kajati Kalbar, Kepala Imigrasi Pontianak, Kepala KPBC Pontianak, PSDKP Pontianak, DKP Provinsi Kalbar, KSOP Pontianak, Kepala stasiun BDKP Pontianak, Basarnas, Disnav Pontianak, Pertamina, PT AKA, PT Pelindo, PT Pelni, PT Borneo, PT AKR, PT Lintas Bahari, PT SPIL, PT Dharma Lautan serta para pelaku usaha perikanan/kemaritiman Kalbar. Acara coffee morning dilanjutkan dengan tanya jawab dan diakhiri dengan acara ramah tamah serta foto bersama seluruh peserta acara./*

Dispen Lantamal XII Pontianak.     Pjs. Kadispen Lantamal XII,                                Ventje Rein Lalaria

Kapten Laut (P) NRP 17345/P.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *