Kecamatan Belum Bisa Cetak e-KTP

POSTKOTAPONTIANAK.COM–SEKADAU !! Kecamatan Sekadau Hilir siap jika memang KTP elektronik (eKTP) cetak di Kecamatan. Tapi kendalanya itu alat,” kata Hermanto, Camat Sekadau Hilir saat dikonfirmasi mengenai kesiapan Kecamatan untuk mencetak eKTP, pada Senin (11/4).

Foto : Ilustrasi e-KTP/ Ist
Foto : Ilustrasi e-KTP/ Ist

Apalagi, kata dia, pembuatan eKTP bisa di Kecamatan menjadi program pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN). Meski menyatakan siap, namun Hermanto tak menampik adanya kendala terutama alat untuk mencetak eKTP.

“Apalagi sistemnya menggunakan internet, tentu untuk mencetak eKTP alat-alatnya pun harus mendukung,” ujarnnya.

Untuk itu, dia berharap, segala kelengkapan alat mencetak eKTP di Kecamatan memadai apalagi dengan adanya kebijakan pembuatan eKTP bisa dilakukan di luar domisili. Sehingga, kata dia, pihaknya bisa memberikan kemudahan dan pelayanan kepada masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan, seperti eKTP.

“Kedepan seperti apa, kami belum tahu. Harapannya tentu ada alat yang bisa menunjang untuk pecetakan eKTP ini,” harapnya.

Sementara itu, Ignatius Boni, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sekadau mengatakan belum mengetahui secara pasti teknis penyelenggaraannya.

“Kami akan ada yang ke Kemendagri untuk menanyakan teknis dan tata cara dari kebijakan tersebut,” ujarnya saat dikonfirmasi mengenai pembuatan eKTP yang bisa dilakukan di luar domisili sejak (1/4) lalu.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2011 tentang Pedoman Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional. Penerbita eKTP bisa dilakukan di luar domisili, hanya saja di Kabupaten Sekadau melaksanakan pembuatan eKTP bagi masyarakat dari luar domisili.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang belum memiliki eKTP agar segera membuatnya. Apalagi pembuatannya tidak dipungut biaya. Harapnnya tentu mereka di luar domisili juga memiliki surat pindah sehingga bisa mengurus administrasi ditempat dimana mereka tinggal,” tukasnya. /Mus

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *