Kawasan Cagar Budaya Mulai Terkikis, Instansi Terkait Diminta Bertindak

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! MEMPAWAH – Iswandi (39), Aktivis Mempawah yang juga Pemerhati Budaya menyatakan, bahwa cagar budaya salah satunya kawasan Makam Opu Daeng Menambon mulai terkikis  karena tidak mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah setempat dan dikhawatirkan tempat bersejarah itu akan hilang identitasnya.

Dia menilai, memang, perkembangan tentang nilai dan cagar budaya yang tidak terpikirkan oleh pemerintah sehingga mengakibatkan banyak museum dan tempat bersejarah telah hilang identitasnya.

Kata Iswandi, pada Postkotapontianak.com, Senin, (18 Juli 2016), kita sangat Prihatin Sekali. Sedikit demi sedikit kawasan ini mulai tergerus oleh proyek yang dibangun pemerintah.

Gunung menjulang tinggi dan rimbunnya pepohonan di wilayah ini mulai tampak rata dengan tanah. Belum lagi eksplorasi yang dilakukaan masyarakat sekitar lokasi kawasan budaya ini,jelasnya.

Iswandi berharap, lembaga independen agar dapat memperhatikan kawasan-kawasan yang memiliki nilai budaya. Tempat-tempat tersebut mesti dijaga bahkan dilindung bukan malah dirusak.

Jika lokasi sejarah dibiarkan dan tidak dipelihara akan punah. Hendaknya, instansi terkait dapat turun tangan untuk menghentikan pelaku-pelaku perusak situs sejarah ini, tegas dia.

Selain itu Pemda setempat, khususnya dinas terkait harus segera bertindak dan jangan tutup mata akan hal ini, pungkas Iswandi./ABE PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *