Katty Evelina: PKK Harus Memberdayakan

Wednesday, 12 August 2015 14:02

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Sintang Ny. Katty Evelina Milton./hms
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Sintang Ny. Katty Evelina Milton./hms

SINTANG ! POSTKOTAPONTIANAK.COM-Perempuan sebagai sumber daya manusia dalam pembangunan memiliki peran penting untuk membangun bangsa dan negaranya karena perempuan adalah motor penggerak dari pembangunan itu sendiri. Tidak bisa kita pungkiri bahwa perempuan adalah motor penggerak dari pembangunan, hal ini dapat kita lihat dari peranan perempuan sebagai apa dia didalam pembangunan. Peranan perempuan dalam pembangunan lainnya ialah bagaimana perempuan itu dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan, mewujudkan keluarga sejahtera, dan lain-lain dalam pembangunan.

Demikian disampaikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Sintang Ny. Katty Evelina Milton saat Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 43 Tingkat Kabupaten Sintang pada Rabu, 5 Agustus 2015 di Gedung Pancasila.

“Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga atau PKK merupakan sebuah gerakan representatif perempuan yang  telah diakui keberadaannya dan mempunyai payung hukum yaitu Kepmendagri No. 53 tahun 2000. Disisi lain gerakan PKK merupakan Gerakan Nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat, dengan perempuan sebagai motor penggeraknya menuju terwujudnya keluarga bahagia, sejahtera, maju, dan mandiri. Program pokok PKK adalah program dalam memenuhi kebutuhan dasar untuk terwujudnya kesejahteraan keluarga. Tim Penggerak PKK adalah Mitra Kerja Pemerintah dan Organisasi Kemasyarakatan, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing – masing jenjang demi terlaksananya program PKK. Tim Penggerak PKK juga merupakan warga masyarakat” jelas Katty Evelina Milton.

Katty Eevelina menambahkan bahwa gerakan PKK bertujuan untuk memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan lahir bathin menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju mandiri, kesetaraan dan keadilan gender, serta kesadaran hukum dan lingkungan. Keterkaitan perempuan dengan PKK ialah mengenai masalah bagaimana perempuan itu dapat aktif untuk mencapai kesejahteraan keluarga melalui keterlibatannya di PKK sehingga eksistensi PKK diakui oleh semua pihak. Hasil kesejahteraan keluarga itu nantinya dapat dilihat dari adanya peningkatan kualitas hidup keluarga, dan adanya peningkatan ekonomi dari keluarga itu sendiri. Untuk meningkatkan partisipasi perempuan didalam PKK maka diperlukan akselerasi PKK melalui Reformasi PKK sehingga dapat mengoptimalkan kesejahteraan keluarga di wilayah kerja PKK.

Ketua Pembina PKK yang juga Bupati  Sintang Drs. Milton Crosby, M. Si mengajak kepada semua yang hadir, secara khusus tiim penggerak PKK mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan maupun kelurahan/desa, untuk terus melakukan berbagai upaya mewujudkan keluarga yang mandiri dan sejahtera.

“saya juga berharap untuk para tim Penggerak PKK agar bisa menjadi pioner dan motivator bagi masyarakat sekaligus organisasi terdepan, yang mendukung program pemerintah untuk mencapai kesejateraan keluarga” harap Milton Crosby.

Dalam peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 43 tersebut hadir juga Ketua DPRD Sintang Jeffrau Edward, Forkorpinda dan Kepala SKPD yang ada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.(Rilis by Dicky Darmawan Staf Humas)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *