Katanya Lokasi Proyek Sui Bakau Besar Laut, Pekerjaan Pembangunan di Desa Parit Banjar

MEMPAWAH – Proyek anggaran tahun 2017 APBD dengan  pagu dana sebesar Rp. 1.745.000.000,00, Lokasi Pekerjaan Desa Bakau Besar  Laut Kecamatan Sui Pinyuh Kabupaten Mempawah, yang diduga kuat Lokasi Kegiatan malah di Desa Parit Banjar Kecamatan Mempawah Timur.

Suje’ ( 38), warga RT. 02/ RW.01 Desa Bakau Besar Laut Kecamatan Sui Pinyuh Kabupaten Mempawah mempertanyakan Pekerjaan Proyek Batas Parit Banjar yang lokasinya Desa Sui Bakau Besar Laut Kecamatan Sui Pinyuh.  Anehnya, dikerjakan diwilayah Desa Parit Banjar Kecamatan Mempawah Timur. Bagian mana secara administratif status asetnya.

Selain itu Plang proyeknya pun sudah dikaburkan, dengan dihilangkan Desa Sui Bakau Besar Laut.

Menurutnya, pekerjaan proyek Batas Parit Banjar dengan lokasi Desa Sui Bakau Besar Laut Kecamatan Sui Pinyuh. Sementara pekerjakan  murni di wilayah admistratif  di Desa Parit Banjar.

“ Saye sangat mengerti betul batas – batas  wilayah Desa  Sui Bakau Besar Laut dan wilayah Desa Parit Banjar karena tempat tinggal saye di area batas, Dua wilayah desa tersebut,” jelasnya, Selasa (14/11/2017).

Sedangkan  status  kewargaan saye Desa Sui Bakau Besar Laut. Ini sangat janggal dan membingungkan, ape lagi pelang proyeknya pun sudah dikaburkan. Dengan dihilangkan desa Sui Bakau Besar Laut, hanya tertera di plang Kabupaten Mempawah, kata Suje’.

Menurut Suje CS, bahwa kasus ini dalam waktu dekat bakal akan segera kita laporkan ke aparat penegak hukum.

Sementara Heri Edwin alis Bajok, Pemerhati Pembangunan Kabupaten Mempawah mengatakan, setelah mengamati di media elektronik, tentang e_ lelang LPSE Provinsi Kalbar, bahwa Lokasi Pekerjaan Berada di Sui Bakau Besar Laut Kecamatan Sui Pinyuh. Namun kenyataan di lapangan bahwa pekerjaan tersebut murni di wilayah Admistratif  Pemerintah Desa Parit Banjar Kecamatan  Mempawah Timur.

Suje’ Warga Bakau Besar Laut Kec Sui Pinyuh dan Heri Edwin alias Bajok./ PKP.

“ Kita mendukung sikap Kepala Desa Parit Banjar Kecamatan Mempawah Timur yang telah melayangkan surat kepada CV. KAYSA PUTRI untuk dapat memberi Penjelasan Lokasi Kegiatan proyek tersebut,” kata Heri seraya mengatakan Surat Kades tersebut dengan tembusan kepada Camat Mempawah Timur (Sebagai Laporan), Kapolsek Mempawah Timur ( Sebagai Laporan ), Ketua BPD Parit Banjar dan Ketua RT.004 Desa Parit Banjar.

Kata Heri, mendukung penuh langkah yang diambil Kepala Desa Parit Banjar, untuk mendapat penjelasan Lokasi Kegiatan dari pihak pelaksana.  Kuat dugaan sudah menimbulkan  pencaplokan lokasi Antar Desa dan bahkkan Antar Batas Wilayah Kecamatan, dan menjadi kesenjangan sosial bagi masyarakat Desa Parit Banjar yang menerima manfaat secara langsung maupun yang tidak langsung mengingat lokasi tersebut kurangnya permukiman warga serta kurangnya manfaat yang dirasakan oleh masyarakat desa Parit Bbanjar, bahkan hal ini adanya indikasi kepentingan indupidu tertentu, duganya.

 Untuk itu Heri Edwin meminta kepada pemangku kebijakan yang berwenang dan penegak hukum untuk segera turun dikelapangan guna menyesesaikan permasalan ini.

Marlito Kades Parit Banjar Kecamatan Mempawah Timur, Selasa (14/11/2017) saat dikonfirmasi mangatakan terkait persoalan Lokasi Kegiatan proyek telah menyurati pihak pelaksana. Dimana menindaklanjuti surat dari CV. KAYSA PUTRI Nomor : 20 / CV.KP/ XI/2017, tanggal 1 November 2017, Perihal Mulai Pekerjaan yang diterima pada tangal 9 November 2017.

Berkenan dengan isi surat tersebut pihaknya mohon penjelasan secara Administrasi Lokasi Kegiatan yang sebenarnya menginggat kegiatan yang telah dilaksanakan di wilayah Desa Parit Banjar yaitu Pembangunan Jalan Batas Parit Banjar Desa Bakau Laut tidak sesuai dengan yang tertera dalam surat yang disampakan oleh Pihak  CV. KAYSA PUTRI  kepada pihak kami .

Dan perlu kami sampaikan bahwa Parit Banjar adalah Wilayah Desa Parit Banjar Kecamatan Mempawah Timur yang berbatasan dengan Desa Bakau Besar Laut, dan Batas Desa Parit Banjar dengan Desa Bakau Laut merupakan Batas antar Kecamatan Mempawah Timur dengan Kecamatan Sungai Pinyuh.

Maka dengan hal tersebut mohon penjelasan lokasi sebenarnya dan juga demi kepentingan Administrasi mohon kepada CV. RAYSA PUTRI untuk menghentikan sementara kegiatan yang berlokasi diwilayah Desa Parit Banjar.  Sebelum ada penjelasan secara administrasi kami tidak bertangungjawab kepada kegiatan tersebut baik secara administrasi maupun lainnya.

Pembangunan yang masuk kita sambut baik dan kita dukung, tapi sesui aturan yang berlaku.  Sekali lagi kita minta penjelasan, antara batas desa dan lokasi kegiatan pembangunan, tegas Marlito./Red/HN.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *