Kasdam XII/Tpr Hadiri Pameran GPN

KUBU RAYA ! POSTKOTAPONTIANAK.COM –  Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura Brigjend TNI Ahmad Supriyadi didampingi Asisten Teritorial  Kasdam XII/Tpr Kolonel Arh Jama’ah dan Komandan Kodim 1207/BS Kolonel Inf Jacky Ariestanto menghadiri Gelar Pangan Nusantara (GPN) ke-2 di Rumah Radakng Jl.  Sutan Syahrir Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu, (06/08/2016) kemarin. Pameran GPN kali ini dengan mengusung tema “Pangan Lokal Penggerak Ekonomi Daerah dan Kemandirian Pangan”.

Kasdam mengungkapkan, bahwa kerjasama dalam membangun koordinasi fungsional yang efektif dengan melibatkan seluruh komponen pemerintahan dan masyarakat sangat diperlukan dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan daerah.

“Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyediaan sumber pangan dari lingkungan sekitar untuk mendorong  pengembangan usaha pengelolaan pangan yang berbasis sumber daya dan kearifan lokal serta meningkatkan kesadaran, peran, dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan swasembada pangan”, tegasnya.

Dalam pameran GPN menampilkan aneka ragam pangan segar dan olahan yang berasal dari sumber daya lokal di seluruh Nusantara yang diikuti oleh 33 Provinsi seluruh Indonesia,  dengan harapan dapat mengangkat potensi pangan lokal yang ada di daerah guna mendukung kemandirian dan kedaulatan Pangan Nasional.

Bersamaan dengan event acara puncak Gelar Pangan Nusantara ke-2 dilakukan Launching Toko Tani Indonesia (TTI) se-Kalimantan Barat. Ada 8 Gapoktan di Kalimantan Barat yang memasok 16 TTI yang tersebar di 7 Kabupaten/Kota. Komoditas yang tersedia di Bazar TTI GPN diantaranya adalah Beras, Minyak Goreng, Bawang Merah/Putih, Cabe dan Gula Pasir.

Selain itu juga dilaksanakan beberapa agenda penting yaitu Penyerahan hasil kesepakatan sidang Regional Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten/Kota Wilayah Timur yang dilaksanakan mulai tanggal 2 hingga 4 Agustus 2016 di Kalimantan Barat dan Pembacaan juga penyerahan rumusan Workshop “Peran Pemerintah Daerah untuk mendukung penguatan cadangan Pangan menuju kemandirian Pangan.

Tampil di ajang Nasional ini diantaranya Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat dengan Sajian tumpeng nasi Jakajalar dan Jajanan pangan lokal Kabupaten Sanggau yang memukau hati Kasdam XII/Tpr untuk mencicipinya dan menyempatkan untuk berbelanja sebagian jenis makanan pangan untuk oleh-oleh./ dd/ lk

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *