Kasdam XII Tanjungpura Tanam Serempak Cetak Sawah di Desa Sumsum

Secara Serempat Kasdam XII Tanjungpura Melakukan Tanam Padi Bersama Masyarakat Desa Sumsum, Kabupaten Landak. / foto : Devi Lahendra

 

LANDAK   ! POSTKOTAPONTIANAK.COM — Swasembada pangan nasional berkelanjutan menjadi garda  terdepan pemerintah pusat di sektor pertanian. Tak ayal melalui program cetak sawah, pemerintah membangun sektor pertanian di seluruh desa yang digawangi oleh TNI.

Sejatinya melalui program cetak sawah dapat dilihat wujud keseriusan pemerintah untuk memperkuat ketahanan pangan, serta keterlibatan  masyarakat untuk berperan langsung mengelola sawah yang telah dicetak di desa mereka masing-masing.

“Jadi hari ini kita lakukan tanam serempak secara nasional dan kita juga melakukan panen perdana dilokasi cetak sawah yang pertama. Sedangkan untuk di Kodam XII Tanjungpura kita laksanakan tanam serentak di Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Di Desa Sumsum, Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak menjadi lokasi tanam padi serempat di Kalimantan Barat, ” kata Kasdam XII Tanjungpura, Brigjen TNI Ahmad Supriyadi, pada sejumlah wartawan, Senin (19/9/16).

Dalam program cetak sawah, lanjut Supriyadi mengatakan Kodam XII Tanjungpura wajib ikut dalam pencanangan cetak sawah yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Selain mempelopori,  Kodam XII Tanjungpura juga harus bisa mengajak masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan program cetak sawah.

“Bulan ini pemerintah mencanangkan program penananam serempak di seluruh Indonesia. Dan kita harapkan masyarakat dapat mensukseskan program ini, ” paparnya.

Ditempat yang sama mewakili Bupati Kabupaten Landak, Asisten 3 Setda Kabupaten Landak, Bernandus mengharapkan melalui program cetak sawah masyarakat dapat menjaga dan terlibat langsung mengelola sawah yang telah di programkan oleh pemerintah.

“Dalam hal ini kami sangat berterima kasih kepada pemerintah dalam program cetak sawah yang dilaksanakan di tempat kami ini. Dengan di buka lahan sawah di desa ini, secara tidak langsung telah membuka akses bagi masyarakat untuk lebih baik kedepannya, ” tukasnya.

Dalam acara tersebut dihadiri Kasdam XII Tanjungpura Brigjen TNI Ahmad Supriyadi, Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili oleh Kadis Pertanian Hortikultura, Ketua Tim Percepatan Cetak Sawah (PCS) Brigjen TNI Nanang Heryanto, Danrem 121/Abw, Staf Kementan, Bupati Landak yang diwakili Asisten 3, Dir Pupuk, Kajari Landak, Ketua DPRD Landak, Kadistan Landak, Dandim, Kapolres dan Camat Mador.*/ (dev)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *