Kasat Lantas : Polantas Depok Terapkan 3 S Dalam Bertugas

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! DEPOK – Kasat Lantas Polresta Depok, Komisaris Polisi Sutomo mengungkapkan, bahwa akibat maraknya kasus kekerasan yang menimpa anggota polantas oleh pengendara di jalan.

Post Kota Pontianak Online“Maka dari itu, dihimbau kepada seluruh anggota polantas Polresta Depok agar mengedepankan senyum, sapa, salam (3S) dalam bertugas,” ungkapnya kepada wartawan, Jum’at (27/5/2016), di kantornya.

Dia menjelaskan, kendati demikian aksi kekerasan tersebut menimpa sejumlah polantas yang terjadi di Jakarta, lantaran kekesalan para pengendara motor yang ditilang. Itu menjadikannya sebagai kaca mata anggota Satlantas Polresta Depok untuk merubah pola represif menilang pengendara yang melanggar.

“Jadi ketika berhadapan dengan pengendara umum jika melanggar rambu-rambu lalulintas harus dengan 3 S yaitu Salam, Sapa, Senyum. Dengan begitu pengendara yang kita akan tilang akan lebih mengerti dan tidak terlihat arogan dari anggota,” jelas Sutomo.

Sutomo menambahkan, ini sebagai pedoman dasar bertugas juga harus sesuai dengan Prosedural, Profesional, dan Proposional (3P). Dalam tugas berdasarkan proseduran harus sesuai dengan SOP.

“Artinya, profesional itu sebagai polantas mempunyai tugas dalam melakukan pemeriksaan di jalan, lalu proposional misal anggota dapat lebih sopan santun dan mengedepankan etika bagian dari humanis itu sendiri,” ujarnya.

Sutomo menegaskan, bahwa jika ada anggota yang bersikap arogan di lapangan bisa melaporkan ke Satlantas Polresta Depok.

“Bisa kita tindak lanjuti jika memang anggota tersebut semena-mena bagi pengendara di jalan. Sanksinya akan dihukum,” tandas mantan Kanit Regident Polresta Depok itu.(Maulana Said)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *