Kartu BPJS dan Pasien Umum Dilayani, Sesuai SOP

POSTKOTAPONTIANAK.COM – MELAWI ! Untuk  meningkatkan pelayanan yang professional RSUD Melawi saat ini terus melakukan pembenahan mulai dari  manajemen administrasi hingga kepada pelayanan medis, salah satu contoh yang selalu di benahi adalah sistem pelayanan  pasien baik Pasien umum atau  pasien pengguna kartu BPJS .

Yunus,  Direktur  RSUD  Melawi./ frans
Yunus, Direktur RSUD Melawi./ frans

Direktur RSUD Melawi Yunus.S,ST Saat di temui Postkota Pontianak.com  di ruang kerjanya baru-baru ini  mengatakan, hingga hari Ini kita terus melakukan pembenahan  baik itu secara administrasi pelayanan medis  dan administrasi lainnya yang menyangkut RSUD,  jika tak ada halangan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan di RSUD Melawi ini akan melangsungkan kegiatan amal, yaitu  operasi   gratis  bibir sumbing, operasi katarak dan operasi Hernia juga donor darah bekerjasama dengan salah satu yayasan dari Bengkayang  bersama  SCTV  dan indosiar, serta komonitas  motor Vesva Melawi , katanya.

Saat di tanya mengenai pelayanan  dan penanganan medis , Yunus  juga menjelaskan,” pelayanan Medis mulai dari dokter jaga hingga perawat sudah kita atur sip-nya masing-masing , dan tak ada lagi pasien RSUD yang di rujuk ke rumah sakit swasta atau klinik swasta, tapi sebaliknya pasien dari rumah sakit swasta atau klinik swasta yang di rujuk ke mari RSUD red.

“Saya berharap kepemimpinan saya disini bisa selalu bekerjasama dengan baik untuk membenahi segala kekurangan dan meningkatkan profesionalisme  pelayanan yang baik  kepada pasien, harap Yunus.

Salah satu contoh adalah  tata kelola administrasi yang transparan kepada pegawai dan agar masyarakat Melawi bahkan publik  bisa mengerti dengan cara menempelkan informasi tersebut pada papan informasi yang telah kita siapkan.

Yunus juga berharap, dengan terjalinnya kerjasama yang baik antar pegawai  di lingkungan  RSUD Melawi  apa pun kekurangan yang belum terakomodir bisa kita sepakati dan benahi bersama-sama. ” Saat ini kita sedang  mempersiapkan untuk persyaratan akreditasi kenaikan  tipe  RSUD dari tipe D ke tipe C, kita juga  telah mengurus sertifikat dan IMB -nya, bahkan untuk pembangunan  ruang tambahan yang masih kurang.  Kita selalu melakukan lobi kepada pimpinan, baik itu dari dana APBD atau  APBN  bahkan melakukan lobi bantuan sampai ke pusat ke kementrian ,” Puji tuhan  tahun ini kita telah mendapatkan bantuan satu unit mobil ambulan walau tidak dobel gardan tetapi bisa digunakan untuk membawa pasien dalam kota.

Mengenai pelayanan BPJS  kita selalu  melakukan komunikasi yang baik kepada Perwakilan kantor BPJS  di sini kita berharap tak ada lagi keluhan –keluhan pasien di RSUD ini terhadap pelayanan yang menggunakan kartu BPJS  ataupun   pasien umum, masyarakat dari mana saja akan  kita layani, tak ada yang susah kok, selagi kita benar-benar mau melayani  masyarakat yang membutuhkan, dan apa yang kita jalankan  semua telah sesuai standar SOP,  ujar Yunus.

Dia menceritakan salah satu contoh pengalamannya  beberapa waktu lalu, ada  seorang warga yang sakit ditemukan oleh warga dan polisi  di kawasan SDF Nanga Pinoh kemudian di bawa Ke IGD, karena si pasien dalam keadaan pingsan tak sadarkan diri  kemudian salah seorang perawat jaga menghubungi saya,  bagaimana status pasien ini pak, namanya kita tak tau, alamatnya tak jelas  dan siapa yang akan bertanggung jawab atas biaya pengobatannya.

“Saya bilang tulis saja dulu Namanya Mr X, alamat Nanga pinoh, layani dan selamatkan dulu pasiennya mengenai nama, alamat dan biayanya nanti kita cari solusinya. Setelah beberapa jam kemudian si pasien pun siuman dan kita tanyakan nama dan alamatnya, ternyata dia orang sintang. Jadi kita dapat solusinya, saya hubungi Dinas Sosial Melawi kemudian menghubungi Dinas Sosial Kabupaten Sintang, kita jelaskan  bahwa di RSUD Melawi  ada salah  seorang warganya yang sakit sedang ditangani di IGD, untuk memastikan kebenaran  pihak Dinas Sosial Sintang mengirim beberapa orang petugasnya  datang untuk mengecek   ke  RSUD Melawi, ternyata benar, kemudian  biaya  pengobatan pasien ditanggung oleh Dinas Sosial Sintang, apanya yang susah, pungkas  Yunus ./ Fran/PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *