Kapendam XII/Tpr : Cegah Penyelundup Narkotika di Wilayah Perbatasan Merupakan Tanggung Jawab Bersama

POSTKOTAPONTIANAK.COM

(Pontianak) – Kapendam XII/Tpr Kolonel Inf Tri Rana Sebekti, S. Sos mengungkapkan, dalam menjaga wilayah perbatasan, Kodam XII/Tpr sudah menurun Satgas Pamtas Batalyon Inf 131 dan Batalyon Inf 502 dengan jumlah personil diatas 750 anggota untuk menjaga di tiap-tiap pos yang ada di perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan Negara Malaysia .

Perbandingan gambaran di peta yang terlihat sangat rapat, dengan kondisi dilapangan yang sangat jauh dan medan yang cukup sulit untuk dilalui membuat anggotanya tidak bisa secara maksimal dalam mengantisipasi penyelundupan narkotika diwilayah perbatasan.

“Jarak antar pos juga cukup jauh dengan medan yang cukup sulit juga, dan secara kecepatan cukup sulit untuk bergerak dalam berhubungan secara langsung, kecuali berkomunikasi menggunakan alat, kita bisa cepat,” kata Kapendam XII/Tpr

Kapendam XII/Tpr memaparkan, menjaga wilayah perbatasan dari para penyelundup narkotika merupakan tanggung jawab bersama dengan institusi – institusi terkait lainnya, mulai dari BNN, Bea Cukai, Kepolisian, TNI dan pihak-pihak terkait lainnya.

“Dalam tugas kesehariannya, kita memiliki tanggung jawab utama yaitu menjaga agar batok wilayah sebagai batas antara NKRI dengan Malaysia tetap berada ditempatnya, dan memastikan bahwa batas tersebut tidak bergeser sedikitpun,” papar Kapendam XII/Tpr.

Kapendam XII/Tpr mengakui, pihaknya tidak mempunyai hak untuk menindaklanjuti lebih dalam tentang penyeludupan narkotika diwilayah perbatasan. Dan untuk memperkuat penjagaan diperbatasan, tentunya kerja sama antara pihaknya dengan institusi – institusi terkait lainnya juga harus diperkuat.

”Jika masalah tersebut diserahkan kepada Satgas Pamtas Kodam XII/Tpr, tentunya upaya pencegahan penyelundupan diwilayah perbatasan tidak akan bisa berjalan dengan maksimal. Tetapi secara tugas dan tanggung jawab, kita akan tetap membantu dalam mencegah masuknya narkotika di wilayah NKRI,” imbuh Kapendam XII/Tpr.

Kapendam XII/Tpr menilai, sampai saat ini Kodam XII/Tpr sudah berupaya semaksimal mungkin dalam mencegah penyelundupan narkotika diwilayah perbatasan.

“Jika kedapatan adanya penyelundup yang ingin memasukan narkotika diwilayah NKRI, kita hanya bisa mengamankan, sedangkan untuk menangkap, kita tidak mempunyai hak. Maka dari itu, kerja sama yang baik dan kuat sangat dibutuhkan dalam menguatkan keamanan dari para penyelundup barang harap tersebut kedalam wilayah NKRI,” pungkas Kapendam XII/Tpr

(@ndini)

Foto Kolonel Inf Tri Rana Sebekti, S.Sos, Kapendam XII/Tpr Saat diwawancarai Para Awak Media / @ndini / POSTKOTAPONTIANAK

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *