Kampanye Sungai Kapuas Lewat Dragboat

Dragboat Pertama Kali di Sungai Kapuas, Yang Dilaksanakan di Desa Kapur, Kubu Raya. / foto : Devi Lahendra
Dragboat Pertama Kali di Sungai Kapuas, Yang Dilaksanakan di Desa Kapur, Kubu Raya. / foto : Devi Lahendra

Reporter : Devi Lahendra
POSTKOTAPONTIANAK.COM — KUBU RAYA !! Dragboat  yang digagas oleh Himpunan Masyarakat Peduli Sungai Kapuas, menjadi aksi pertama kali yang dipusatkan di Desa Kapur, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Sejatinya dragboat dapat menjadi tolak ukur untuk melestarikan sampan tradisional maupun motor air, yang pada masa lampau menjadi alat transportasi utama bagi masyarakat Kubu Raya dengan wilayah perairan yang sangat luas.

“Jadi selain untuk melestarikan transportasi sungai, kegiatan ini juga untuk mengkampanyekan pentingnya kita menjaga kebersihan sungai, agar populasi maupun ekosistem di Sungai Kapuas dapat terjaga kelestariannya, ” terang Ketua Panitia Dragboat Effendi, pada sejumlah wartawan, Sabtu (9/4/16).

Ditempat yang sama, Sekda Kabupaten Kubu Raya, Odang Prasetyo menyambut baik kegiatan dragboat yang kali pertama diadakan di Kubu Raya, dengan melibatkan langsung masyarakat sekitar Sungai Kapuas.

“Saya rasa patut diapresiasi, pasalnya kegiatan ini sangat memberikan kontribusi yang bermanfaat pada masyarakat maupun lingkungan. Hanya saja perlu  dikemas dengan lebih baik sehingga bisa menjadi bagian dari event tahunan daerah, ” kata Odang.

Odang menambahkan sejauh kegiatan yang dilaksanakan mengandung nilai positif, maka Pemkab Kubu Raya akan mendukung penuh dari segi pengelolaan event dengan kemasan wisata sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung dan mempromosikan Sungai Kapuas hingga pada tingkat nasional maupun internasional.

“Untuk itu kedepannya perlu diatur regulasinya, sehingga pemerintah bisa masuk dalam kegiatan  kegiatan tersbut, ” tukasnya./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *