Kalbar Smesco Expo, Wadah Promosi

Reporter : Devi Lahendra
PONTIANAK ! POSTKOTAPONTIANAK.COM — Untuk mendongkrak daya saing produk lokal hingga mampu

Pembukaan Kalbar Smesco Expo 2015, Yang Dilaksakan Di PCC Pontianak Dengan Diikuti Berbagai UMKM Lokal maupun Luar Kalbar./ foto : Devi Lahendra
Pembukaan Kalbar Smesco Expo 2015, Yang Dilaksakan Di PCC Pontianak Dengan Diikuti Berbagai UMKM Lokal maupun Luar Kalbar./ foto : Devi Lahendra

merambah pangsa pasar luar negeri, maka dibutuhkan keseriusan baik dari pemerintah maupun pihak swasta.

Sejatinya salah satu upaya pemerintah untuk mempromosikan produk olahan dari masyarakat maupun produk dari UMKM yang melalui mitra binaan. Dimulai dari suntikan dana pinjaman untuk pengembangan modal usaha sampai penyelenggaraan berbagai pameran yang secara langsung memberikan peluang untuk memperkenalkan produk yang dihasilkan.

“Jadi berbagai usaha telah kita lakukan untuk mendorong daya jual dari berbagai produk olahan UMKM yang ada di Kalbar pada umumnya, dan melalui Kalbar Smesco Expo 2015 yang kita gelar mulai tanggal 16 – 19 Oktober 2015 ini kita ingin menunjukkan kalau produk olahan kita juga mampu bersaing dengan produk-produk dari luar negeri, ” pungkas Marseanus Kadis

 foto : Devi Lahendra
foto : Devi Lahendra

Koperasi dan UMKM Kalbar yang juga Ketua Panitia Kalbar Smesco Expo 2015, pada sejumlah wartawan, Jumat (16/10).

Marseanus mengatakan dilaksanakannya kegiatan tersebut berdasarkan atas keputusan Gubernur Kalbar, tentang agenda promosi pemerintah Provinsi Kalbar.

“Ini merupakan kali kelima kita adakan di Pontianak dan jelas kegiatan ini dapat menjadi satu wadah untk promosi bagi pelaku usaha mikro seluruh Indonesia. Karena kegiatan ini bukan hanya untuk para UMKM Kalbar saja, tetapi untuk seluruh Indonesia, ” jelasnya.

Ditempat yang sama, Asisten I Setda Provinsi Kalbar, Sumarsono mengatakan berbagai kebijakan yang dilakukan pemerintah untk mendorong berkembangnya UMKM sampai saat ini masih memiliki keterbatasan, sehingga masih menjadi kendala dalam menghadapi persaingan degan dunia luar.

“Namun upaya untuk terus mendorong majunya UMKM telah menjadi landasan utama pemerintah dari berbagai lini sektor, guna menjadikan UMKM sebagai pondasi untuk membngun perekonomian masyarakat, ” ucap Sumarno.

Lebih lanjut Sumarno mengharapkan dari kegiatan pameran yang diselenggarakan oleh pemerintah agar dapat benar-benar dimanfaatkan oleh para pelaku usaha kecil, untuk memperkenalkan produk yang dihasilkan.

“Saya rasa kegiatan semacam ini dapat mendongkrak daya saing UMKM lokal terutama dalam menghadapi MEA tahun 2015 sehingga mereka mampu bersaing dengan produk dari luar, ” tukas Sumarsono mengakhiri./

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *