Kabut Asap Merupakan Bencana Nasional

KUBU RAYA – LSM SAMPAN Kalimantan menggelar Sosialisasi Bahaya Kebakaran Lahan dan Hutan bertajuk “Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan Bagi Kesehatan Masyarakat dan Keseimbangan Lingkungan”, dilaksanakan di SMKN 1 Batu Ampar, Kubu Raya Kalbar, Kamis (18/5/2017).

Kabut asap merupakan bencana nasional yang hampir selalu dialami masyarakat, kondisi yang mengkhawatirkan yaitu munculnya bencana kabut asap akibat adanya kebakaran hutan yang terjadi hampir setiap tahun, disinyalir merupakan bencana akibat kesengajaan manusia.

“Tidak hanya berbahaya bagi keanekaragaman hayati yang hidup di lingkungan hutan saja, kabut asap akibat kebakaran hutan juga dapat membahayakan kesehatan manusia. Gangguan kesehatan tersebut sangat rentan dialami oleh orang yang memiliki riwayat penyakit jantung, penyakit pernapasan, lansia, dan juga anak-anak,” papar dr. Hendrik Hidayat.

Sementara Serda Haryatin diantaranya mengatakan, “Siapa yang tak tahu kalau hutan merupakan paru-paru dunia. Di tempat yang bernama hutan inilah banyak makhluk hidup yang menjalani hidupnya. Disini tidak hanya tumbuhan saja yang ada di hutan. Bahkan banyak juga hewan atau flora yang menikmati kehidupan dengan bebas di hutan. Manfaat hutan bagi kehidupan juga dianggap sudah sebagai kebutuhan pokok dan sungguh tak ternilai harganya,” terangnya.

Kegiatan Sosialisasi Bahaya Kebakaran Lahan dan Hutan yang digagas oleh LSM SAMPAN Kalimantan selaku Direktur Fajri Nailus Subchi, bertajuk “Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan Bagi Kesehatan Masyarakat dan Keseimbangan Lingkungan”, yang diikuti Siswa-siswi SMKN 1 Batu Ampar.

Direktur LSM Sampan Kalimantan di Batu Ampar Fajri Nailus Subchi, mengapresiasi pemberian materi bahaya asap yang diakibatkan kebakaran hutan dan lahan baik yang disampaikan oleh dr. Hendri dari Puskesmas Batu Ampar maupun yang disamapaikan oleh pihak TNI yakni Babinsa Koramil 1207-11/BS Serda Haryatin./abePKP)

// Foto sosialisasi bahaya kebakaran.,ist//

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *