Kabid PM RSUD : Keberhasilan Harus Bersinergi Antar Seluruh Elemen Terkait

(Foto : Ist)
(Foto : Ist)

DEPOK ! POSTKOTAPONTIANAK.COM -Kepala Bidang Pelayanan Medis Rumah Sakit Umum Daerah Kota Depok, Tri Astuti membenarkan, bahwa pihak RSUD Kota Depok sudah berhasil mendapatkan tiga sertifikat Internasional Standardization Organization (ISO).

“Artinya, seluruh ISO yang didapat tersebut terdiri dari tiga sistem manajeman yang sudah dijalankan oleh RSUD Kota Depok,” ujarnya kepada wartawan kemarin di Balaikota.

Menurutnya, bahwa ketiga ISO yang didapat setelah dilakukan audit pada 28 hingga 29 November lalu. Pertama, ISO 9001:2008 tentang sistem manajemen mutu. Kedua, ISO 14001:2004 mengenai sistem manajemen lingkungan. Terakhir, ISO 18001:2007 tentang sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja.

“Pada akhirnya, Alhamdulillah seluruh upaya yang sudah dilakukan hingga saat ini menuai hasil yang baik. RSUD berhasil mendapatkan tiga ISO. Namun, dengan didapatnya penghargaan tersebut, RSUD Kota Depok tidak merasa puas. Pihaknya akan terus melakukan perubahan baik dari sisi kualitas, keramaham lingkungan, maupun sistem K3,” tutur Astuti.

Dia menerangkan, bahaw ketiga manajemen tersebut sejak awal telah diterapkan di RSUD Kota Depok. Sebab, Rumah sakit merupakan sebuah organisasi yang padat teknologi, padat informasi, padat dengan banyak orang diantaranya pasien, pekerja dan pengunjung. Selain itu, juga padat ilmu pengetahuan sehingga risiko semakin besar, baik risiko kualitas dan lingkungan.

“Jadi, dengan kondisi tersebut, maka harus diupayakan rumah sakit yang ramah lingkungan dan juga keselamatan kesehatan bagi para pekerja. Sementara, banyaknya pasien yang ditangani setiap harinya baik rawat jalan, rawat inap, emergency, operasi, labolaturium, maupun pasien lainnya,” Astuti.

Astuti berharap, kedepannya pelayanan yang dilakukan untuk masyarakat dapat lebih maksimal. Selain juga tidak puas dengan penghargaan yang telah didapat saat ini. Jadi, pihak RSUD akan terus meningkatkan pelayanannya, sebab RSUD ada guna memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

“Maka dari itu harus ada sinergitas antar seluruh elemen terkait, agar perbaikan yang dilakukan dapat maksimal. Tentunya juga dengan peran serta masyarakat yang juga menggunakan fasilitas di RSUD Kota Depok,” imbuhnya.(Faldi/Sudrajat)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *