Kabid Humas Polda Kalbar : Kasus Saber Pungli Di Pelabuhan Dwi Kora Dilimpahkan Ke Jaksa

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! PONTIANAK -Kasus Dugaan pungli di Pelabuhan Dwi Kora Pontianak yang ditangkap oleh Satuan Tugas Sapu bersih ( Saber ), Pungli pada pertengahan Desember tahun lalu, berkas perkaranya telah dilimpahkn kepada Jaksa Penuntut Umum pada 16 Januari 2017 yang lalu.

Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Drs. Suhadi Sw. M.Si ketika dikonfirmasi oleh para Wartawan menjelaskan bahwa penanganan perkara dugaan Pungli di Pelabuhan Dwi Kora tanggal 17 Desember tahun lalu, berkas perkaranya sesuai surat Direktur Reserse Khusus nomor B/ 73 /I / 2017 / Ditreskrimsus-3 tanggal 13 Januari 2017 telah diserahkan kepada Jaksa Penuntut Umum dengan tersangka tiga orang masing masing Jan Alias War, Ber dan Yan. Rabu (1/2/2017).

Ketiga tersangka ini dipersangkakan pasal 368 ayat ( 1 ) jungto pasal 55 ayat ( 1 ) ke 1 jungto Pasal 64 ayat ( 1) KUHP.

Menurut Suhadi, mereka sebagai tersangka karena selaku Mandor Pelabuhan Dwi Kora Pontianak melakukan pengutan liar atas pekerjaan bongkar muat Kontainer secara paksa.

Dimana jika sejumlah uang yang diminta tidak dipenuhi maka batang tidak boleh keluar. Padahal secara resmi mereka sudah membayar kepada Pemerintah melalui Pelindo, ujarnya.

Kata Kombes Pol Drs Suhadi, kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan berlama-lama. Negara harus hadir melalui operasi Sapu bersih Pungli,

Dampak dari perbuatan para tersangka akan berimplikasi terhadap kenaikan harga, karena pungutan tersebut oleh para pengusaha akan dijadikan kost yang dibebankan kepada masyarakat, pungkas Kabid Humas Polda Kalbar./ (abePKP)  // foto dok HPK //

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *