Kabag Humas Pemda Sintang, Minta PNS Waspada Penipuan

Wednesday, 11 February 2015 09:29

BUMI SENENTANG, Mengantisipasi tindakan penipuan yang akhir-akhir ini mulai marak terjadi, kewaspadaan pegawai dan pejabat Pemda Sintang perlu untuk ditingkatkan, demikian pernyataan Kabag Humas Dan Protokol Setda, Kurniawan kemarin kepada sejumlah media (11/2).

Dijelaskannya bahwa modus penipuan sudah sangat beragam dan canggih. Mulai dari iming hadiah undian, mencatut nama pejabat, undangan diklat fiktif dengan setoran, meminta biaya adminsitrasi untuk proyek-proyek dari pusat sampai cara-cara hipnotis melalui media elektronik. Semua modus ini muncul dengan memanfaatkan kelenggahan pegawai dan pejabat, katanya.

Untuk itu, kata Kurniawan perlu sikap kehati-hatian dan selalu cross-chek jika ada info yang masuk terkait dengan pelaksanaan tugas para pegawai dan pejabat. Intinya, selalu mawas diri, dan perkuat komunikasi serta koordinasi antar pegawai dan pejabat.

Kurniawan juga mengingatkan adanya arahan Bapak Bupati Sintang di berbagai kesempatan agar setiap pegawai dan pejabat dapat bekerja teliti, termasuk teliti menerima, menyerap dan mengelola informasi yang diterima dari pihak lain. Akibat kurang teliti atau istilahnya kutil, maka kita bisa jadi korban penipuan yang berakibat kerugian pribadi termasuk kerugian anggaran Pemda, katanya. 

Praktek penipuan ini juga sering terjadi diwaktu-waktu tertentu seperti di awal tahun dan sedang sibuk memulai kegiatan pembangunan atau saat anggaran mau dicair. Pegawai yang bertugas sebagai bendahara atau pengelola kegiatan termasuk para kepala desa harus ekstra hati-hati dan jangan mudah percaya dengan info dari sumber yang tidak jelas. Jika ragu dengan info yang ada, sebaiknya bertanya dan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berwenang, jelas Kurniawan.(/*)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *