Jembatan Tayan Kokoh Sampai 100 Tahun

Presiden RI Joko Widodo Tinjau Penggunaan Jembatan Pak Kasih Tayan. / foto : Devi L/Postkotapontianak.com
Presiden RI Joko Widodo Tinjau Penggunaan Jembatan Pak Kasih Tayan. / foto : Devi L/Postkotapontianak.com

Reporter : Devi Lahendra
TAYAN – POSTKOTAPONTIANAK.COM !!  Rampungnya pembangunan Jembatan Pak Kasih Tayan, yang menghubungkan antara Desa Tayan dan Desa Piasak, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, mutlak membuka  akses penghubung antar desa, antar kabupaten, antar provinsi hingga antar negara, yang mana jembatan tersebut merupakan jalur penghubung jalan Trans Kalimantan.

Sejalan dengan program pemerintah pusat yang mana memfokuskan pembangunan diwilayah perbatasan, tak ayal pembangunan Jembatan Pak Kasih Tayan dapat menjadi contoh wujud pembangunan yang menyentuh diwilayah Kalimantan Barat.

“Jembatan ini juga menjadi penghubung antara pulau Kalimantan, dengan begitu akan memberikan pengaruh ekonomi bagi masyarakat, khususnya di Kalimantan Barat, ” ucap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat, Ir. Jakius Sinyor, pada sejumlah wartawan, sebelum peresmian Jembatan Pak Kasih Tayan  oleh Presiden RI Joko Widodo, Selasa (22/3/16).

Menurut Jakuis, pembangunan Jembatan Pak Kasih Tayan, selain memberikan dampak ekonomi juga memberikan dampak sosial bagi masyarakat sekitar, khususnya masyarakat Tayan dan masyarakat Kalimantan Barat pada umumnya.

“Jadi dengan adanya jembatan ini, jarak tempuh juga menjadi sangat berpengaruh, yang dulunya harus memakan waktu yang cukup lama karena harus melalui jalur sungai dengan menggunakan fery penyeberangan, tapi kini jarak tempuh perjalanan menjadi berkurang, ” kata Jakius.

Selain modern dalam bentuk desain, lanjut Jakius mengatakan Jembatan Pak Kasih Tayan juga ditargetkan kokoh hingga ratusan tahun.

“Ditargetkan jembatan ini dapat digunakan hingga 100 tahun, dan untuk perawatan berkala selanjutnya terus lakukan, terutama pengamanan pada tiang pender bawah. Untuk pengamanan jalur sungai telah kita berikan penerangan sehingga bisa terhindar dari tabrakan ponton yang melalui akses Sungai Kapuas, ” tukasnya./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *