Jembatan Sungai Rawak Rawan Ambruk

Uzur : Jembatan sungai Rawak mulai rusak akibat termakan usia. Warga ingin agar jembatan ini segera dipugar. 

SEKADAU: POSTKOTA PONTIANAK.COM-Yang namanya hasil karya tangan manusia, sudah pasti sewaktu-waktu bisa rusak. Sepandai

Kondisi Jambatan Sungai Rawak Kab. Sekadau rawan ambruk.(foto:yahya)
Kondisi Jambatan Sungai Rawak Kab. Sekadau rawan ambruk.(foto:yahya)

apapun seorang insinyur merancang sebuah bangunan, lama-lama juga akan dipugar atau dirahabilitasi. Termasuk pula jembatan Sungai Rawak.
Jembatan yang berada di ruas jalan provinsi yang menghubungkan Rawak-Nanga Taman kondisinya mulai mengkhawatirkan.

Selain sempit, kini sebagian badan jembatan mulai mengalami penurunan atau amblas. Meski belum begitu terlihat, namun dengan kondisi itu kerusakan jembatan sangat mungkin bertambah parah jika dibiarkan berlama-lama.

Warga sekitar dan beberapa pengendara yang melintasi jembatan tersebut pun mengaku khawatir dengan kondisi itu. Karena, jembatan bisa saja amblas atau roboh sewaktu-waktu.

“Yang namanya musibah kan kita tidak tahu ya, bisa saja sewaktu-waktu amblas. Makanya dengan kondisi yang sudah mulai mengalami kerusakan sebaiknya dilakukan perbaikan atau peremajaan,” ujar Abang Jamri, salah seorang pengendara sepeda motor ketika ditemui di sekitar jembatan tersebut, dua hari lalu.

Akhiun, warga Rawak yang kediamannya tak jauh dari jembatan menuturkan hal yang sama. Akhiun memperkirakan usia jembatan sungai Rawak sudah cukup tua. “Saya tidak ingat persis, terakhir kali direhab beberapa tahun lalu. Itupun rehab di bagian lantainya, bukan bagian pondasi,” tutur Akhiun.

Ia berharap pemerintah provinsi Kalbar dapat mengucurkan dana untuk peremajaan jembatan tersebut. “ Terus terang kami khawatir dengan kondisi jembatan saat ini. Kami yang setiap hari melintas di jembatan ini, jadi kami tahu persis kalau jembatan ini sudah perlu sentuhan pembangunan,” tandasnya.

( Yahya PKP )

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *