Jelang Ramadhan, Harga Gula Melambung

MEMPAWAH ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Tiga pekan menjelang ramadhan, sejumlah komoditi mengalami kenaikan. Salah satunya komoditi gula pasir dengan banderol Rp 740 ribu perkarung isi 50 kilogram. Kenaikan tersebut cukup signifikan, sebab pada pekan lalu harga gular pasir masih berada di kisaran Rp 635 ribu perkarung.

Ilustrasi/Ist
Ilustrasi/Ist

“Lonjakan kenaikan harga gula pasir cukup siginifikan. Dari Rp 635 menjadi Rp 740 ribu perkarung. Dampaknya harga jual eceran gula pasir dipastikan mencapai Rp 16 ribu perkilogram,” terang warga Mempawah, Hidayah, kemarin.

Dia mengaku cukup kaget dengan kenaikan gula pasir tersebut. Selain rentang waktu kenaikan yang cukup  singkat, saat ini para petani gula di Pulau Jawa juga tidak dalam kondisi gagal panen.

“Bukan tidak mungkin disebabkan permainan pasar. Ada oknum pedagang yang sengaja melakukan penimbunan hingga menyebabkan stok gula pasir di pasar berkurang. Sehingga oknum pedagang tersebut leluasa menaikan harga diatas normal untuk mendapatkan keuntungan lebih besar,” tuturnya.

Makanya, dia menyarankan agar Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Pertambangan dan Sumber Daya Energi (Perindagkoptamben) segera melaksanakan sidak dilapangan. Petugas hendaknya melakukan pemeriksaan secara teliti terhadap gudang-gudang penampungan milik pedagang maupun agen.

“Jika kenaikan harga gula pasir itu dibiarkan berlarut dan tidak mendapat tanggapan serius dari petugas dikhawatirkan kenaikan tersebut akan terus terjadi hingga ramadhan dan lebaran mendatang. Sekarang saja harga jualnya sudah Rp 16 ribu, pada puasa dan lebaran nanti bisa mencapai Rp 20 ribu perkilogram,” terkanya.(leo/din-PKP)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *