JELANG LEBARAN LAKUKAN SIDAK

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SEKADAU – Guna mengantisipasi barang-barang kadarwluasa  (sembako)  yang signifikan dan kecurangan para pedagang yang menyetok bahan pokok di pasar menjelang hari raya lebaran, menggelar sidak pasar didampingi Kadiskoperindag Kabupaten sekadau ,gabungan tim dari Pemkab Sekadau bersama Polres Sekadau Sat,pol,pp sekadau, melakukan sidak pasar ke sejumlah mini market dan toko modern. Hal itu dilakukan demi melindungi konsumen dari barang-barang yang tidak layak jual, terutama menjelang hari raya Idul Fitri.

Tim gabungan yang baru saja memulai sidak langsung menemukan barang yang tidak layak jual masih dipajang di satu diantaranya toko modern Jl. Merdeka Timur, pada Selasa (28/6/2016).

Barang-barang tersebut langsung diamankan karena kondisinya sudah tidak bagus, seperti bentuk kaleng sudah penyok, dan sudah hampir ekspired. Diantaranya susu kaleng, mie instan, biskuit, pampers, dan sarden.

Barang-barang dalam jumlah banyak itu dipisahkan untuk kemudian dibuatkan berita acara. Tim gabungan juga memberi penjelasan kepada karyawan toko tentang barang -barang mana yang masih layak jual dan tidak.

Adapun tim gabungan tersebut terdiri dari, Disperindagkop, Distankanak, Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan, Sat Pol PP, dan Polres Sekadau Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau Budi Mustika, yang juga memimpin sidak tersebut mengatakan, sidak terhadap barang makanan ini merupakan agenda tiap tahunnya dari pemkab melalui dinas terkait, menjelang hari besar keagamaan.

“Tujuannya adalah untuk melihat apakah makanan yang dijual oleh pedagang itu kedaluawarsa, atau ada kemasannya yang rusak sehingga keamanan konsumen itu bisa kita jaga,” ujarnya kepada awak media yang
ikut dalam operasi sidak dikabupaten Sekadau hari ini 28-6-2016, ternyata waktuk di  tidak ada temuan barang- barang yang tidak layak dikomsumsi.(mus)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *