Jangan Sampai Tindak Kekerasan Terhadap Wartawan Terulang Kembali di Kalbar

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( Pontianak ) – Ketua Umum Komunikasi Kemitraan Teritorial Tengku Apreandi mengakui kekerasan yang terjadi terhadap wartawan di wilayah Kalimantan Barat sudah sering terjadi, bahkan wartawan tersebut sampai mengundurkan diri dari dunia media, dikarenakan takut hal yang menimpa dirinya terulang kembali.

“Kekerasan terhadap wartawan memang sangat rentan sekali terjadi, dan kita berharap kejadian tersebut tidak terulang kembali kedepannya. Dan yang melakukan tindak kekerasan terhadap wartawan itu sendiri harus diberikan sangsi tegas, sesuai aturan hukum,” ujar dia saat ditemui dikantornya pada Jumat (26/5) sore.

Tindak kekerasan sangat rentan terjadi kepada teman-teman media saat melakukan peliputan dilapangan kata dia. Padahal kehadiran teman-teman media dilapangan dapat memberikan masukan dan solusi bagi Pemerintah, dalam berbagai aspek kehidupan masyarakatnya dilapangan. Dan kebanyakan dari mereka banyak yang memiliki kepentingan dibalik berita-berita yang diterbitkan.

Lanjutnya, siapapun yang melakukan tindak kekerasan terhadap wartawan harus ditindak secara tegas. Sehingga teman-teman media tidak merasa ketakutan ketika melakukan peliputan di lapangan.

Dirinya menilai, setiap wartawan ketika melakukan liputan dilapangan, mereka selalu dibekali Id Card yang jelas, dengan alamat kantor, dan berita yang jelas serta sesuai dengan fakta dilapangan.

“Seperti kehidupan masyarakat dipedalaman yang berhasil diliput oleh para teman-teman media, kemudian di informasikan ke publik. Itulah hal penting untuk memberitahukan kepada Pemerintah, bahwa didaerahnya masih banyak masyarakat yang tergolong sebagai warga miskin,” ungkap dia.

Dirinya berharap, kehadiran Forum Pers Independent Indonesia dapat menekan angka kekerasan terhadap teman-teman media agar mereka dapat melakukan liputan dilapangan tanpa adanya rasa takut dalam mempublikansikan berita-berita sesuai fakta dilapangan.

(Viky)

Foto Tengku Apreandi, Ketua Umum KKT Saat dijumpai / Viky / POST KOTA PONTIANAK.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *