Jalin Komunikasi dengan 34 Kwarda, Kwarnas Adakan Rakorsus

BOGOR –  Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menggelar rapat koordinasi khusus (Rakorsus) di Hotel Safari Garden, Cisarua, Bogor 20-22 Februari 2017. Rakorsus ini diikuti 34 orang dari perwakilan Kwartir Daerah di seluruh Indonesia.

Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault mengatakan, Rakorsus diadakan, untuk pemantapan perencanaan program dan strategi yang akan disusun dan diterapkan oleh Kwarnas sebelum dibahas dalam rapat kerja nasional (Rakernas) ‎yang akan diadakan di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur Jakarta Timur, 22-24 Februari 2017. ‎

“Misalnya ada pemantapan dan Revisi UU Pramuka, materinya apa? Tadi sudah kita bahas dari pagi. ‎

Lalu bagaimana mengelola aset-aset Gerakan Pramuka seperti tanah dan sebagainya seluruh Indonesia‎. Ada hal-hal khusus yang khusus yang kita sampaikan. Lalu ada tata kelola organisasi, kompetensi. Masing-masing kita tukar pikiran di sini,” ujar Kak Adhyaksa, Selasa (21/2/2017).

Menurutnya, Rakorsus sangat bermanfaat untuk kemajuan Gerakan Pramuka. Pasalnya, selain membahas berbagai persoalan tersebut, Rakorsus juga bisa dijadikan sebagai media komunikasi yang efektif dan faktual antara Kwarnas dengan Kwarda-Kwarda seluruh Indonesia. ‎

“Ini adalah terobosan yang saya buat untuk melakukan komunikasi yang faktual lagi dan intensif dengan Ka Kwarda dan alhamdulillah semua datang,” tuturnya.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini menjelaskan, Rakorsus kali ini adalah untuk yang kedua kalinya. Sebelumnya Kwarnas sudah pernah melakukan Rakorsus pada 23-25 September 2016 di tempat yang sama. Kak Adhyaksa mengatakan, rapat ini memang tidak ada dalam anggaran rumah tangga Kwarnas. ‎

“Jadi saya kira makna Rakorsus yang kami buat ini adalah rapat koordinasi khusus dari Kwarnas untuk berkomunikasi dengan Ka Kwarda Ka Kwarda, dan ini yang kedua kalinya, dan baru dilakukan pada masa saya sebagai Ka Kwarnas,” jelas Kak Adhyaksa.

Selain dihadiri oleh Kak Kwarda seluruh Indonesia, Rakorsus ini juga dihadiri oleh Waka Kwarnas Bidang Orgakum Kak Kodrat Pramudho, Waka Bidang Kominfo, Kak Lusia Adinda Lebu Raya, Waka Bidang Binawasa, Kak Susi Yuliati, Sesjen Kak Rafli Effendy.

Kemudian, Waka Bidang Binamuda Kak Budi Prayitno, Waka Bidang BUMGP Kak Ridjal Kotta, Waka Bidang Rembangma Kak Marbawi, Waka Bidang LH, Kak Abdul Shobur‎, Waka Bidang Abdimasgana Kak Herindra, Kepala Pusdiklatnas Kak Suyatno, dan Kepala Puslitbangnas Kak Wan Abbas./(r)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *