JALAN WAJOK KE SUNGAİ PİNYUH RAWAN KECELAKAAN

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( Mempawah ) – Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Mempawah, AKP Eko Budi Darmawan meminta kepada masyarakat khususnya para pemudik untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, karena faktanya terdapat tidak kurang dari 32 titik rawan kecelaan lalu lintas (laka lantas) di sepanjang jalur antara Kecamatan Wajok dan Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah.

“Sejak awal untuk titik rawan kita sudah koordinasi dengan Dishub juga untuk pasang baliho-baliho (peringatan, red), membersihkan rambu-rambu, yang diharapkan masyarakat bisa lebih berhati-hati lagi,” jelasnya.

Eko Budi menyampaikan, bahwa aejauh ini memang kecelakaan telah terjadi, dan hampir kesemuanya disebabkan oleh kelalaian pengendara (human error).

Untuk itu dia kembali mengimbau kepada pengguna roda dua untuk selalu menggunakan helm standar, baik sensiri, berdua atau bagi yang membawa anak, karena anak juga rentan dari kecelakaan.

“Pasang kliknya, cek kondisi ban, cek kondisi mesin, kelengkapan surat-surat. Kemudian juga kelengkapan kendaraan lainnya, seperti lampu send, kaca spion, lampu depan, rem depan belakang dan lainnya,” pesannya.

Sementara bagi para pengguna roda empat, khususnya yang membawa mobil keluarga, jangan lupa sisihkan ruang untuk beristirahat, jangan terlalu banyak membawa barang, sehingga pengemudi dan penumpang nyaman dalam berkendara, dan ingat selalu memasang safety belt (sabuk pengaman).

“Kalau jarak yang ditempuh sudah lebih dari tiga jam hendaknya istirahat lah dulu, karena kapasitas kita menahan lelah tidak lebih diatas 3 jam perjalaan. Istirahat dulu sekitar 10 menit, baru lanjutkan perjalanan,” katanya.

Selain itu, dia juga berharap kepada pemilik mobil dapat menyiapkan kendaraannya dalam kondisi prima sebelum memutuskan untuk mudik.

“Kondisi mobil dicek, dari mesinnya, remnya, olinya, radiatornya, jangan tiba-tiba ada kendala di jalan,” pesannya.rls/HG).

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *