Jalan Berlobang, Warga Pasang Kain Putih dan Karung Goni Bekas

“Warga Mengeluh Jalan Longkam Berlubang, Baru dibuat sudah rusak kembali”

Kondisi jalan yang berlobang jika tidak segera diperbaiki akan mengancam pengendara yang melintas./ foto : Mus /Postkotapontianak.com
Kondisi jalan yang berlobang jika tidak segera diperbaiki akan mengancam pengendara yang melintas./ foto : Mus /Postkotapontianak.com

SEKADAU–POSTKOTAPONTIANAK.COM ! Warga mengeluh ruas jalan Longkam Jaya Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir berlubang, saat ditelusuri jalan tersebut sudah berlubang selama 3 bulan, indikasi jalan berlubang itu pondasinya tidak mampu menahan lajunya arus lalu lalang kendaraan di jalan tersebut.

Ungan (54) warga yang berada tepat di depan jalan yang berlubang itu merasa kesal dengan kondisi jalan ini, menurut penuturan dia, tercatat sudah beberapa kali warga yang hampir jatuh lantaran mengelak di jalan berlubang tersebut.

“Kita minta pemborong jalan ini harus bertanggung jawab agar tidak memakan korban lagi, karena kemarin ada ibu-ibu lewat jalan ini jatuh bersama anaknya. Dan Jalan ini berlubang karena mobil lewat dan jalan berlubang ini sudah 3 bulan, tidak menutup kemungkinan akan memakan korban lainnya,”ujar pensiunan TNI itu kepada “Postkotapontianak.com”. belum lama ini.

ia juga menceritakan kondisi pembangunan jalan yang dilakukan CV yang bersangkutan, kondisi jalan berlubang tepat di gorong-gorong itu terdapat papan yang mengganjal lalu di semen. “Jadi wajar cepat rusak karena jalan di atas gorong-gorong ini diganjal pakai kayu, kalau pakai baja atau besi langsung di semen saya rasa jalan ini tidak cepat rusak, “bebernya.

Sebagai bentuk protes warga setempat, terlihat di tengah lobang di jalan tersebut warga menancapkan tiang dan diikat kain putih dengan karung koni bekas beras cap madu tupai

Warga pun berharap, “Harapan kami kepada pemerintah dan kontraktor (pemborong) tolong jalan ini diperbaiki dan tolong cek ke lapangan kondisi nyatanya, karena ini sering dilewati oleh masyarakat,”pungkasnya.

Saat pantaua di lapangan, sesuai papan plang nama CV dan jumlah besaran anggaran yang membangun jalan ini. jalan ini berukuran 200 meter, Nama CV. Berkah Penompha, dengan jumlah dana APBD tahun 2015 sebasar 174 juta dengan masuk dalam pengerjaan penataan Lingkungan Pemukiman di Kecamatan Sekadua Hilir.

Sementara itu, Frandawal, selaku Kabid Cipta Karya di Dinas Pekerjaan Umum dan Pertambangan Kabupaten Sekadau mengatakan, ia langsung menghubungi tim ahli dari dinas untuk mengecek lapangan terkait jalan tersebut.

“Saya langsung telpon dan tim sudah melihat jalan tersebut, intinya kita akan akan panggil CV yang bersangkutan yang mengerjakan jalan ini, tahun ini di jalan Longkam Jaya juga ada proyek juga nanti kita bisa atur agar jalan berlubang itu bisa diperbaiki tahun ini,”ujarnya.

Ia menghimbau, pembangunan jalan yang ada tentu masyarakat harus bersinergi untuk menjaga jalan yang sudah dibangun agar bagus dan terawat. “Kalau misalkan jalan itu di lalui Damp truck dengan muatan yang besar dan sedangkan anggaran pembangunan jalan itu tidak sesuai maka dipastikan jalan itu akan cepat rusak,”pungkasnya./Mus

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *