Jadi Khatib Jumat di Istiqlal, Adhyaksa Dault Minta Umat Jaga Persatuan

JAKARTA – Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault menjadi khatib shalat jumat di Masjid Istiqlal Jakarta. Saat menyampaikan khutbah, ia mengajak umat Islam untuk menjaga persatuan umat dan bangsa Indonesia.

“Banyak berita hoax masuk ke gadget kita. Saya mengajak diri saya dan jamaah agar tetap menjaga persatuan umat dan bangsa Indonesia, karena terbukti berita palsu memecah-belah umat, merusak ukhuwah Islamiyah, dan melemahkan Indonesia,” jelas Adhyaksa Dault, di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (17/2/2017).

Menpora Periode 2004-2009 ini menyampaikan, sangat bahaya jika berita hoax itu tersebar masif dan masyarakat langsung mempercayainya. Ia mengingatkan jamaah mengenai hal itu.

“Betapa banyak dua saudara terpisah, suami istri berpisah, dan kelompok-kelompok saling memerangi disebabkan berita bohong,” ujarnya.

Ia menyatakan, berita hoax adalah bagian kecil yang merusak persatuan umat, sehingga hendaknya kaum muslimin mengetahui, mereka tidak pernah tidur (tidak pernah berhenti) membuat rencana dan tipu daya terhadap umat.

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kau tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu,” tegasnya, membacakan arti dari surat Al Hujurat ayat 6.

“Allah Azza Wa Jalla Yang Maha Lembut dan Maha Mengetahui, telah meletakkan satu kaidah bagi umat ini untuk memelihara mereka dari perpecahan, membentengi mereka dari pertikaian, juga untuk memelihara mereka dari api fitnah,” pungkasnya./(R) // foto : syam //

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *