Isak Tangis dan Doa Iringi Prosesi Membasuh Kaki Ibu Secara Massal Yang Diadakan Kwarnas Gerakan Pramuka di Cibubur

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! CIBUBUR –Dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun 2016, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Ibu-Ibu Kwarnas (IIK) mengadakan kegiatan “Membasuh Kaki Ibu” secara massal. Kegiatan ini diadakan pada Rabu 21 Desember 2016, mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB, di Area Air Mancur Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur.

Diikuti oleh 500 anak dan 500 ibu dari Pengurus dan staf Kwarnas, Kwarcab se Jabodetabek dan masyarakat umum. Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault juga ikut membasuh kaki ibunya dalam kegiatan ini.

Hampir semua peserta menangis, baik anak-anak maupun orang dewasa. “Saya bahagia, karena saya yang mengajak Ibu ikut kegiatan ini, setelah ini saya berjanji ingin belajar lebih keras, terus mendoakan dan minta doa Ibu. Saya mau jadi orang sukses dan membahagiakan Ibu”, ujar Fikri (12 tahun) yang datang dari Tangerang. Tangis peserta makin memuncak ketika semua peserta diminta memeluk Ibunya selama 30 detik, kemudian diiringi doa.

Ketua Kwarnas, Kak Adhyaksa Dault menjelaskan, berbagai kegiatan telah dilakukan Kwarnas Gerakan Pramuka untuk penguatan karakter, utamanya hormat pada Orangtua, Guru, Pembina Pramuka dan para Pahlawan. Kegiatan yang dilakukan umumnya bersifat partisipatif, dan tidak selalu ceramah, seperti mengadakan lomba pembuatan konten di medsos, sehingga internet dipenuhi oleh konten-konten positif dari anggota Pramuka.

“Kampanye menghormati orangtua dan guru ini konsisten kita lakukan. Tahun kemarin kita buat lomba foto #IdolakuOrtuku, ketik saja di Google #IdolakuOrtuku akan muncul foto-foto karya anak-anak Pramuka. Ada juga lomba foto #PramukaPancasila. November kemarin, kita gelar lomba foto #GurukuPahlawanku dan lomba video #PahlawanMenurutSaya, dalam sebulan saja, 235 video terkumpul, semua berbasis internet dan media sosial. Nah di akhir tahun ini kita buat aksi membasuh kaki Ibu kita serentak di Cibubur,” ungkap Adhyaksa Dault yang juga Mantan Menpora 2004-2009 ini di Cibubur, Jakarta, Rabu (21/12/2016)

Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh Penampilan Budi Cilok bersama bandnya. Budi Cilok yang dikenal memiliki suara mirip Iwan Fals ini menyanyikan beberapa lagu, diantaranya berjudul “Ibu”.  Nampak juga di lokasi acara artis Dina Mariana, Olivia Zalianty, Neno Warisman,   Tetty Liz Indriati, dll.

Ketua Panitia Kegiatan ini, Kak Sari Madjid menjelaskan, di Pramuka, biasanya tradisi membasuh Kaki Ibu ini dilakukan di Gudep, namun tidak semua Gudep juga. Ini pertama kali dilakukan secara massal oleh Kwarnas Gerakan Pramuka atas inisiatif Ketua Kwarnas, Kak Adhyaksa Dault.

 “Kegiatan ini tidak hanya di Jakarta, namun juga di daerah-daerah melakukannya juga,” kata Kak Sari Madjid yang merupakan aktris senior teater koma ini.

Di lokasi yang sama, Ketua Ibu-Ibu Kwarnas, Mira Adhyaksa mengatakan, kegiatan ini mengingatkan kita akan pengorbanan seluruh Ibu di Indonesia, yang telah mengandung, mengasuh dan mendidik anak-anak Indonesia. “Membasuh kaki ibu bersama-sama ini bagian dari Gerakan Ibu selamatkan keluarga Indonesia, bagi yang ingin bagi yang berhalangan ke lokasi, dapat melakukannya di rumah masing-masing, lalu masukkan fotonya di media sosial dengan tagar #PramukaSayangIbu,” ujar Kak Mira di Cibubur Jakarta (21/12/2016)

Selain membasuh kaki ibu, di hari yang sama, juga digelar juga Seminar “Membangun Generasi Milenium Yang Berkualitas” dan pencanangan “Gerakan Ibu Selamatkan Keluarga Indonesia”. di Aula Pandansari Taman rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur.

Pada hari sebelumnya, selasa (20/12/2016). Kwarnas Gerakan Pramuka dan Ibu-Ibu Kwarnas juga mengadakan pemeriksaaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) gratis, yang Pemeriksaan IVA ini diikuti oleh kurang lebih 120 perempuan. “Tujuan dari pemeriksaan IVA sendiri adalah untuk mengurangi mortalitas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan. Lebih sederhananya untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada leher rahim”, jelas Mira Adhyaksa./KGP/(abePKP)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *