IPNU Siap Berkontribusi Positif Kepada Sekadau

SEKADAU ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Sekadau siap untuk memberikan kontribusi dalam pengembangan bakat dan kreatifitas anak muda, dalam menyonsong daya saing daerah untuk meningkatkan Indeks Prestasi Manusia (IPM).

Belum lama ini, Pengurus Cabang IPNU Sekadau melakukan kegiatan Konferensi Cabang dan Latihan Kader Muda (LAKMUD) yang pertama kalinya, ketua terpilih PC IPNU Sekadau Setiadi mengatakan, hadirnya IPNU di Kabupaten Sekadau tentu turut serta ambil andil dalam mengembangkan dan melatih para generasi muda sekadau.

Kita hadir tentu membantu agar generasi muda sekadau bisa unggul di segala bidang. Apalagi di zaman modern ini tentu menuntut pemuda harus bersaing secara ketat untuk berpikir maju,”ungkapnya

Menurutnya, jika generasi muda baik pelajar, pemuda, dan mahasiswa harus membangun daerahnya. Bisa saja sumbangsih pemikiran, kegiatan positif, ide serta gagasan yang bisa membantu pemerintah dalam menentukan kebijakan.

Ide dan gagasan pemuda saya rasa bisa diakomodir dengan baik, karena pemuda yang punya semangat yang kuat dan gigih tentu ia merasa terpanggil untuk memberikan yang terbaik bagi daerahnya.

Intinya IPNU siap untuk mendukung program pemerintah dan kita harapkan bisa bekerjasama,”tukasnya. ‎

Kegiatan Lakmud 1 IPNU – IPPNU Kabupaten Sekadau ini pesertanya mencapai 30 orang yang terdiri dari sekolah seperti MTS, SMA, pesantren, dan lainnya. Yang berada di wilayah belitang, Engkersik, semabi, pesantren Ar-Rahmah sekadau. Yang dilakukan di Rumah Tahfidz jalan merdeka selatan KM 2 Desa Sungai Ringin Kecamatan Sekadau Hilir pada 27-28 November. ‎

Sementara itu, Wakil ketua 3 Pengurus Wilayah (PW) IPNU Kalbar Slamet Funata mengatakan, tujuannya adanya IPNU tentu untuk mencerdaskan anak-anak bangsa khususnya kaum Nahdiyien (Nahdlatul Ulama).

“Karena IPNU ini adalah organisasi Garda terdepan dalam mencetak kader muda NU, yaitu di sekolah-sekolah tentu diharapkan bisa lebih besar lagi.

Dan ‎IPNU juga harus berperan penting dalam hal pembangunan manusia yang bagus,”ujarnya.

Di Kalbar, Kata Slamet, terhitung sudah memiliki pengurus Cabang ada belasan wilayah dan ada juga yang masih belum ada. “Dikalbar ada 11 Pengurus Cabang yang sudah ada, dan ada tiga yang belum dibentuk seperti kabupaten ketapang, kayong Utara, dan Sambas. Kedepan kita harapkan IPNU bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat dan terlebihnya adalah kegiatan pengkaderan seperti Lakmud ini, dan untuk Konfercab Sekadau dan sudah memiliki ketua baru terus mengembangkan IPNU ini,”pungkasnya. ‎‎

Ketua Tanfiziah PCNU Kabupaten Sekadau Kaharudin mengatakan, ini adalah momensejarah IPNU dan IPPNU Kabupaten dalam menjalankan kegiatan untuk menunjukan eksistensinya di Kabupaten Sekadau. Sebagai Banom NU, ‎tentu terus menerapkan prinsip-prinsip NU yang sangat menjunjung tinggi keberagaman, bersifat kebangsaan, hingga pada akhirnya NKRI Harga mati untuk menjaga indonesia dari Era global saat ini supaya tidak pudar,”bebernya. ‎

Kahar mengatakan, dalam menyemngati kaum muda tentu terus ditanamkan nilai-nilai yang di implementasikan kedalam kehidupan sehari-hari tentang Pancasila sebagai dasar negara indonesia.

” Semangat itu harus terus ditanamkan dan gelorakan terus didalam hati sanubari pemuda kita, karena siapa lagi kalau bukan kita untuk memperjuangkan hal yang yang mempersatukan manusia di Indonesia yang beragam dari sisi agama, suku, ras, kedaerahan, dan lainnya,”pungkasnya.

Kegiatan dihadiri Ro’is Suriyah PCNU Sekadau serta alim ulama sekadau, Ketua PCNU Sekadau,Muslimat NU, PW IPNU Kalbar, PP IPPNU, GP Ansor, Pagar Nusa, Fatayat, dan Banom lainnya. (mus)/PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *